Berusia 1.000 Tahun, Begini Penampakan Koin Perak Bergambar Raja Viking

Senin, 13 Juni 2022 - 18:57 WIB
Sisi lain ditandai dengan salib Kristen dalam garis ganda, dua set titik hias, dan prasasti lain yang menyebutkan master mint di Nidarnes. Lokasi Nidarnes atau Nidaros dikenal pada abad pertengahan dan saat ini merupakan wilayah Trondheim di Norwegia tengah.



Sedangkan nama raja Harald Hardrada ("Hardrada" diterjemahkan sebagai "penguasa keras" dalam bahasa Norwegia) adalah putra seorang kepala suku Norwegia dan saudara tiri raja Norwegia Olaf II. Dia hidup pada akhir Zaman Viking, dan kadang-kadang dianggap sebagai raja prajurit Viking yang terakhir.

Cerita tradisional mencatat bahwa Harald bertempur bersama saudara tirinya di Pertempuran Stiklestad pada tahun 1030, di mana Olaf dikalahkan dan dibunuh oleh pasukan aliansi antara pemberontak Norwegia dan Denmark. Harald melarikan diri di pengasingan setelah itu, pertama ke Rusia dan kemudian ke Kekaisaran Bizantium, di mana ia menjadi pemimpin militer terkemuka.

Dia kembali ke Norwegia pada 1045 dan menjadi raja bersama dengan keponakannya, Magnus I Olafsson. Kemudian dia menjadi raja tunggal ketika Magnus tewas dalam pertempuran melawan Denmark pada tahun 1047.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More