Ternyata Ini Penyebab Dinosaurus Besar Seperti T-Rex Punya Lengan Kecil

Selasa, 12 Juli 2022 - 21:47 WIB
Ditanya seberapa yakin dia dalam sebab dan akibat, Makovicky mengatakan dia cukup percaya diri. “Selama beberapa dekade, orang telah memperdebatkan alasan dan tekanan selektif yang mungkin bertanggung jawab untuk pengurangan lengan pada tyrannosaurus besar dan theropoda besar lainnya,” katanya.

"Ini memberi petunjuk kepada kami bahwa ukuran kepala merupakan faktor penentu panjang lengan. Oleh karena itu, kami berhipotesis bahwa fungsi lengan ditransfer ke tengkorak selama evolusi predator besar ini, karena lengan lebih sedikit diguakan sehingga bentuknya memendek,” kata Makovicky dikutip SINDOnews dari laman Haaretz, Selasa (12/7/2022).



Penjelasan secara sains bahwa hewan-hewan ini menggunakan mulut lebih dominan sebagai ganti lengan, sehingga mereka pun kehilangan lengan selama evolusi. Selain itu, dengan bentuk lengan yang pendek, T-rex atau dinosaurus sejenis biasa makan dalam kelompok, dan lengan yang kecil tidak akan menggigit anggota tubuh individu yang lain.

Makovicky menjelaskan bahwa teori ini didasarkan pada asumsi yang belum teruji, seperti kelompok makan di theropoda besar. “Ukuran tengkorak yang besar merupakan ciri pemangsa yang kuat, lebih optimalnya peran tengkorak memiliki efek pada pengurangan panjang lengan,” ujar Makovicky.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More