4 Planet Tertua di Alam Semesta, Nomor 3 Punya Penampilan Indah

Selasa, 23 Agustus 2022 - 12:08 WIB
4. Planet 51 Pegasi b

Planet 51 Pegasi b berusia sekitar 6,1 hingga 8,1 miliar tahun dan terletak di konstelasi Pegasus, Galaksi Bima Sakti atau berjarak lebih dari 50 tahun cahaya dari Bumi. Penemuan 51 Pegasi b pada tahun 1995 adalah salah satu yang paling penting dalam sejarah eksplorasi ruang angkasa. Planet 51 Pegasi b adalah planet pertama (di luar tata surya kita) yang ditemukan di sekitar bintang mirip matahari.

Sejak penemuannya, 51 Pegasi b telah memilih dua nama lain, Bellerophon dan Dimidium. Planet itu dijuluki Bellerophon oleh astronom Geoffrey Marcy, yang membantu mengkonfirmasi keberadaannya dan ingin mengikuti tradisi penamaan planet setelah dewa Yunani dan Romawi. Diketahui Bellerophon adalah tokoh mitologi Yunani yang mengendarai Pegasus.

Persatuan Astronomi Internasional menamai planet itu Dimidium, yang kemudian menjadi setengahnya, mengacu pada planet yang massanya setengah dari Jupiter. Selama dua dekade terakhir, para ilmuwan telah mempelajari 51 Pegasi b secara ekstensif dan sekarang diketahui 51 Pegasi b adalah planet pertama yang disebut "Jupiter panas" karena kemiripannya dengan Jupiter dan jaraknya yang dekat dengan matahari.