4 Planet Tertua di Alam Semesta, Nomor 3 Punya Penampilan Indah

Selasa, 23 Agustus 2022 - 12:08 WIB

Planet Trappist-1 berusia antara 5,4 sampai 9,8 miliar tahun, terletak di konstelasi Aquarius, Galaksi Bima Sakti. Planet Trappist-1 merupakan tujuh planet terestrial yang berjarak sekitar 39 hingga 40 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang pertama kali ditemukan pada 1999, tiga planet pertama kali diamati pada 2015, dan planet ketujuhnya dikonfirmasi pada 2017. Sistem ini terdiri dari bintang katai merah yang sangat dingin dan tujuh planet terestrialnya yang beriklim sedang, tiga di antaranya berada di "zona layak huni".

Untuk saat ini, tidak jelas apakah salah satu dari tujuh planet memiliki kondisi yang dapat mendukung kehidupan. Para ilmuwan akan terus mengamati planet-planet Trappist-1 menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA dan Teleskop Luar Angkasa James Webb untuk menentukan apakah ada planet yang memiliki atmosfer mirip dengan Bumi.

3. Planet Jupiter

Planet Jupiter diperkirakan berusia 4,6 miliar tahun atau terbentuk satu juta tahun setelah Matahari. Planet Jupiter merupakan planet kelima dari Matahari di Galaksi Bima Sakti berjarak sekitar 588 juta km dari Bumi. Penampilan terbaru planet Jupiter yang terekam teleskop James Webb begitu indah, terlihat aurora di kedua kutubnya.

Planet Jupiter pertama kali ditemukan tahun 1610 tersusun atas himpunan gas yang besar dan memiliki 79 bulan. Ketika itu astronom terkenal Galileo mencatat empat bulan terbesar di planet Jupiter, yaitu Io, Europa, Ganymede, dan Callisto. Jupiter memang memiliki cincin yang mengejutkan para ilmuwan ketika pertama kali ditemukan pada tahun 1979 oleh pesawat ruang angkasa Voyager 1 NASA.