Simbol Ular Melilit Tongkat di Dunia Medis ternyata Penuh Aura Mistis

Senin, 05 September 2022 - 15:18 WIB
Orang Yunani menganggap ular dapat digunakan sebagai obat, dan ular juga dapat diartikan sebagai dualisme dalam upaya pengobatan, yang dapat berujung pada kesembuhan ataupun kematian. FOTO/ IST
KAIRO - Simbol ular melilit tongkat merupakan simbol medis yang sangat familiar. Simbol tersebut biasanya dapat dijumpai di pakaian dokter, rumah sakit hingga toko-toko farmasi. Tetapi tahukah Anda cerita di balik lambang tersebut hingga dipakai di dunia medis.



Seperti dilansir dari buku Asclepius, Tongkat Asklepios adalah nama seorang tabib handal yang berasal dari Yunani. Karena dia begitu hebat dalam bidangnya, Asklepios lalu didewakan sebagai dewa ilmu pengobatan.

Dalam mitologi Yunani, dia diceritakan sebagai putra Dewa Apollo, dewa tampan multitalenta yang juga diasosiasikan dengan dunia pengobatan.

Mitologi Yunani juga menempatkan Asklepios sebagai ayah dari dewi-dewi yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Yang paling terkenal di antara mereka adalah Hygieia, dewi kesehatan dan kebersihan.





Nama Hygieia mengilhami munculnya kata hygiene atau higienitas (kebersihan). Sebagaimana ayahnya, Hygieia juga identik dengan ular. Simbolnya adalah “Mangkuk Hygieia”, berupa sebuah mangkuk atau gelas yang dililit seekor ular dan kini menjadi lambang umum di dunia farmasi.

Baik nama Asklepios maupun Hygieia disebut oleh Hippokrates, Bapak Kedokteran Yunani, dalam sumpah kedokterannya yang termasyhur.

Terdapat beberapa pendapat terkait mengapa ular diasosiasikan dengan pengobatan. Ada yang bilang karena ular mengganti kulitnya secara menyeluruh, melambangkan kondisi badan baru yang bagus dan sehat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More