Langka dan Unik, 10 Hewan Ini Memiliki Tubuh Berwarna Biru!

Senin, 24 Oktober 2022 - 08:41 WIB
Biru adalah warna yang paling langka yang bisa ditemukan di hewan. Sebab, mayoritas hewan tidak memiliki pigmen warna biru. Foto: ist
JAKARTA - Meski biru menjadi warna terpopuler di dunia, tapi warna tersebut merupakan salah satu pigmen paling langka yang ditemukan di alam. Terutama di kerajaan hewan . Meski ada banyak hewan berwarna hijau, kuning, dan merah, hampir tidak ada hewan warna biru.

Alasan utama mengapa warna biru sangat langka adalah rentang pigmen yang relatif sempit yang menyebabkan pewarnaan pada hewan.

Warna-warna yang ada di hewan muncul karena kemampuan hewan tersebut untuk menghasilkan pigmen warna tersebut atau menyerapnya dari makanan yang mereka makan.

Misalnya, melanin adalah salah satu pigmen paling umum yang diproduksi oleh hewan dan bertanggung jawab atas warna coklat atau hitam pada sebagian besar rambut atau bulu mamalia dan beberapa bulu burung.

Sementara itu, pigmen merah dan jingga diproduksi oleh karotenoid pada tumbuhan dan alga, yang kemudian dikonsumsi oleh hewan seperti udang dan lobster, sehingga memberikan warna merah muda. Flamingo juga mendapatkan warna merah muda dari karotenoid yang ditemukan pada udang yang mereka makan.



Adapun beberapa tanaman dapat menghasilkan pigmen biru berkat anthocyanin, sebagian besar makhluk di kerajaan hewan tidak dapat membuat pigmen biru.

Warna biru pada hewan biasanya merupakan hasil dari efek struktural, seperti permainan warna dan refleksi selektif. Nah, berikut adalah hewan langka dengan warna biru:

1. Burung Jay Biru

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More