Bak Spider-Man, Robot Marvel Ini Bisa Merayap Lincah di Gedung Tinggi

Rabu, 04 Januari 2023 - 10:01 WIB
Robot Marvel memiliki kaki adhesi magnetik, yang menggabungkan magnet elektropermanen (EPM) dan elastomer magnetorheologi (MRE) untuk menghasilkan gaya retensi tinggi. EPM adalah perangkat dua keadaan yang dapat mengubah sifat magnetiknya melalui arus listrik, tetapi tidak seperti elektromagnet sehingga tidak memerlukan listrik.



Pada gilirannya, MRE adalah elastomer dengan komponen magnetik yang memungkinkan adhesi yang lebih besar pada logam pada kemiringan yang sama. Berkat sistem ini, robot memanjat tanpa kabel penghubung karena dan kakinya memanfaatkan magnet yang dapat dipertukarkan dengan permukaan logam.

Robot Marvel mampu melintasi dinding dan langit-langit feromagnetik dengan kecepatan masing-masing hingga 0,5 hingga 0,7 meter/detik. Kecepatan ini jauh melebihi robot pemanjat sebelumnya dalam hal tingkat pemanjatan dan kemampuan melakukan gerakan. Plus, tidak perlu string.

Robot Marvel bisa diaplikasikan pada berbagai operasi industri, seperti pemeriksaan tangki penyimpanan, jembatan atau pengelasan di galangan kapal. Lingkungan industri ini biasanya sulit diakses dan melibatkan tugas di ketinggian atau di ruang terbatas karena berupa rongga, tepian, sudut, dinding, dan langit-langit.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More