Jet Tempur Tua Andalan Rusia, Su-25SM3 Grach Dilengkapi Perlindungan Anti-Rudal MANPADS

Jum'at, 13 Januari 2023 - 18:33 WIB
Pesawat Su-25 terbang di ketinggian rendah untuk memenuhi perannya sebagai pesawat serang darat. Jadi pesawat Su-25 kerap menjadi sasaran empuk sistem rudal anti-pesawat portabel manusia atau Man-portable air-defense systems (MANPADS).



Apalagi sistem rudal anti-tank dan anti-pesawat portabel adalah senjata yang paling banyak dipasok NATO ke Ukraina. Kabar gembiranya, Su-25SM3 Grach dilengkapi perangkat perlindungan dari serangan MANPADS.

Dikutip dari laman TASS, jet tempur Su-25SM3 Rusia dilengkapi dengan sistem pertahanan udara Vitebsk. Perangkat ini mampu melindungi Si-25SM3 dari serangan sistem pertahanan udara portabel manusia (MANPADS).

“Penerbangan Rusia berhasil menggunakan pesawat Su-25SM3 yang ditingkatkan dalam operasi militer di Ukraina. Mereka dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik Vitebsk-25, memberikan perlindungan yang andal dari serangan rudal MANPADS musuh,” kata sumber tersebut.

Sistem elektronik Vitebsk-25 ditempatkan dalam wadah yang terpasang pada cantelan Su-25SM3. Perangkat ini menunjukkan kinerja tinggi dan secara keseluruhan mampu mengatasi ancaman serangan MANPADS.



Sistem elektronik Vitebsk-25 juga dipasang pada helikopter Ka-52 dan keluarga Mi-8 yang ditugaskan di medan perang Suriah. “Tidak ada satu pun helikopter yang dilengkapi dengan Vitebsk yang terkena rudal MANPADS teroris,” tulis TASS.

Spesifikasi Su-25SM3 dan Vitebsk

Jet tempur Su-25SM3 Grach yang sudah ditingkatkan merupakn pesawat serang subsonik lapis baja yang dirancang untuk memberikan dukungan langsung bagi pasukan darat di medan perang. Pesawat Su-25SM3 Grach dapat beroperasi sepanjang waktu dalam segala cuaca karena memiliki sistem navigasi satelit GLONASS.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More