7 Fakta Kapibara yang Jarang Diketahui, dari Pemakan Kotoran hingga Tidur di Air

Senin, 13 Februari 2023 - 14:17 WIB
loading...
7 Fakta Kapibara yang Jarang Diketahui, dari Pemakan Kotoran hingga Tidur di Air
Kapibara atau Capybara merupakan salah satu hewan yang memiliki penampilan unik. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kapibara atau Capybara merupakan salah satu hewan yang memiliki penampilan unik . Belakangan, sosoknya viral di sosial media karena banyak warganet yang menjadikannya sebagai bahan meme lucu.

Berbeda dengan hewan pengerat biasa, kapibara ini terbilang memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu, wajahnya juga cukup unik dan relatif berbeda dengan pengerat lainnya.

Baca juga : 8 Spesies Hewan Unik yang Baru Ditemukan, Ada Laba-Laba Warna Biru!

Sebelum mengenalnya lebih jauh lagi, simak tujuh fakta kapibara yang jarang diketahui berikut ini!

1. Termasuk Hewan Pengerat Terbesar

Kapibara menjadi salah satu hewan pengerat terbesar di dunia. Mengutip Treehugger, mereka biasanya memiliki tinggi 2 kaki dan punya bobot mencapai 150 pon.

Dengan tubuhnya yang terbilang gempal, hewan ini tidaklah memiliki ekor. Namun, ketika melihat ukurannya, mereka tampak lebih besar seperti jenis kerabatnya seperti babi guinea dan cavies.

2. Memiliki Pola Makan Tak Biasa

Seperti hewan pengerat lainnya, kapibara memiliki gigi yang terus menerus tumbuh. Biasanya, mereka menggunakannya untuk mencari makan di rerumputan hingga tanaman lainnya.

Mengutip laman National Geographic, selain mengonsumsi berbagai jenis rumput, hewan ini juga kerap memakan kotorannya sendiri di pagi hari. Biasanya, pada waktu tersebut limbah mereka kaya protein dan berasal dari cernaan makanan sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)