7 Fakta Kapibara yang Jarang Diketahui, dari Pemakan Kotoran hingga Tidur di Air

Senin, 13 Februari 2023 - 14:17 WIB
loading...
A A A
3. Perenang Handal

Kapibara menghabiskan waktunya di dalam maupun sekitar air. Mengutip laman A-Z Animals, mereka juga dikenal sebagai perenang handal dengan kakinya yang berselaput.

Biasanya, kapibara tetap menjaga kepalanya di atas permukaan saat berenang. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa menyelam. Faktanya, hewan pengerat ini juga suka menyelam karena membutuhkan banyak air untuk menjaga kelembaban kulit keringnya.

4. Pembiakan

Kapibara sejatinya tidak keberatan hidup sendirian. Akan tetapi, tak jarang juga mereka hidup berkelompok hingga 40 orang.

Lebih lanjut, hewan ini memiliki musim kawin yang bervariasi sepanjang tahun, tergantung habitat dan ketersediaan pasangan. Umumnya, seekor betina bisa punya 4-5 anak per tahun.

Meski populasinya terus stabil dengan angka kelahiran setiap tahun, namun keberadaan kapibara juga terancam. Hal ini disebabkan ancaman para pemburu yang ingin mengambil kulitnya.

Baca juga : 5 Hewan Invertebrata yang Unik, Nomor 1 Badannya Seperti Jeli

5. Memiliki Vokalisasi Unik

Hewan pengerat ini dikenal sangat komunikatif dengan anggota kelompoknya. Mereka memiliki suara unik dengan berbagai macam arti yang ditujukan untuk sejenisnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)