Kuil Sumeria Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Irak, Didedikasikan untuk Dewa Guntur

Sabtu, 25 Februari 2023 - 14:04 WIB
loading...
A A A
Mereka juga membuat model elevasi digital untuk memahami bagaimana bentang alam telah berubah sejak penggalian di abad ke-19. “Tidaklah aneh untuk mengatakan hari ini bahwa Girsu mungkin adalah salah satu situs warisan paling penting di dunia yang hanya diketahui sedikit orang,” kata Rey.
Kuil Sumeria Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Irak, Didedikasikan untuk Dewa Guntur


Kuil, yang disebut dalam prasasti kuno sebagai Enninu atau "Burung Petir Putih", menyimpan patung suci pahlawan dewa guntur Ningirsu, salah satu dewa terpenting dari jajaran Sumeria. Menurut British Museum, orang Sumeria percaya bahwa Ningirsu memegang kekuasaan atas guntur musim semi, hujan badai dan banjir.

Hebatnya, dinding yang baru digali yang mengelilingi situs suci itu sangat cocok dengan peta yang diukir pada patung raja Gudea yang ditemukan selama penggalian awal. “Enninu, White Thunderbird, adalah kuil tertua yang prasastinya kami miliki secara mendetail, rencana kuno yang diukir di patung raja,” ujar Rey.



Sekarang, lebih dari satu abad setelah para arkeolog terakhir menjelajahi situs yang luar biasa itu, tim Rey telah menemukan kuil yang sangat luas itu. “Kami dapat menguji teori kami dengan membuka serangkaian suara penggalian dan mengidentifikasi. Misalnya, fondasi gerbang kuil tepat di tempat yang kami perkirakan akan menjadi gerbang kuil, berusia 4.000 tahun,” tuturnya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)