5 Hewan Terpintar di Laut, Nomor Terakhir Banting Badan untuk Interaksi

Rabu, 01 Maret 2023 - 19:07 WIB
loading...
5 Hewan Terpintar di Laut, Nomor Terakhir Banting Badan untuk Interaksi
Terdapat sejumlah hewan terpintar di laut yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah hewan terpintar di laut yang bisa diketahui. Beberapa di antaranya berjenis mamalia, mulai dari lumba-lumba sampai dengan hiu putih.

Manusia merupakan spesies paling cerdas di bumi. Namun para ahli telah menyebutkan banyak hewan yang sebenarnya memiliki tingkat kecerdasan yang terkadang tidak diketahui oleh manusia, termasuk hewan yang berada di laut.

Baca juga : Ungkap Hewan-hewan Misterius di Amazon, Ilmuwan Pasang 57.000 Kamera

Berikut ini adalah lima hewan terpintar di laut yang bisa diketahui:

1. Lumba-lumba

Lumba-lumba menjadi salah satu mamalia dengan kecerdasan tertinggi di dunia dan menjadi hewan tercerdas di lautan.

Hal itu dikarenakan otak lumba-lumba memiliki neuron gelendong yang merupakan sel-sel otak khusus yang terkait dengan pengenalan, ingatan, penalaran, komunikasi, dan kemampuan yang lebih maju.

Selain itu, lumba-lumba juga memiliki sistem limbik yang lebih kompleks dari pada yang ditemukan pada otak manusia. Sehingga terkadang lumba-lumba merasakan empati dan kasih sayang kepada hewan lain maupun manusia.

2. Gurita

Sama seperti lumba-lumba, Gurita juga diketahui mempunyai neuron yang sama banyaknya dengan yang ditemukan pada anjing. Otak gurita bahkan memiliki area khusus untuk belajar.

Dengan kecerdasannya hewan ini mampu melakukan kontak mata dengan manusia, menjangkau tentakel untuk menyentuh tangan seseorang, atau memeriksa objek yang diberikan seseorang. Tindakan tersebut merupakan salah satu bentuk ekspresi emosional gurita.

Selain itu mereka juga masuk dalam jenis hewan tanpa tulang belakang yang mampu bergerak lincah. Karena itu mereka dinobatkan sebagai hewan terpintar karena mampu melarikan diri dari predator tanpa meninggalkan jejak.

Baca juga : Hewan-hewan dengan Ritual Seks yang Bikin Dahi Berkerut

3. Berang-berang Laut

Berang-berang menjadi salah satu hewan cerdas di laut karena bisa menggunakan benda laut untuk bertahan hidup. Kemampuan mereka dalam menggunakan batu untuk membuka kerang menjadi alasan hewan ini dijuluki hewan pintar.

4. Singa Laut

Peneliti kelautan di Amerika Serikat telah menyimpulkan bahwa Singa Laut sangat cerdas, namun mereka harus diberi program mamalia laut mereka sendiri. Sebagai contoh mamalia ini diberi program latihan tentang pertahanan kapal dan pelabuhan, deteksi ranjau dan pemulihan peralatan.

Namun apabila belum diberi pelatihan, singa laut juga bisa menunjukan kecerdasannya dengan memberikan tanda-tanda yang mudah dipahami. Selain itu, mereka juga memiliki koordinasi yang baik dan mempelajari trik dengan cepat.

5. Hiu Putih

Meski terkenal ganas dan kejam, hiu putih merupakan hewan yang cerdas. Mamalia ini dapat menggunakan bantingan tubuhnya untuk berinteraksi.

Mereka juga bisa mengecoh lumba-lumba, anjing laut dan mangsa lainnya saat otak mereka menyinkronkan semua inderanya. Selain itu, mereka juga dapat menghitung serangan serta bekerja sama sebagai satu kelompok.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)