Mosaik Misterius Bergambar Medusa Ditemukan di Vila Romawi Abad ke-2

Jum'at, 07 April 2023 - 16:59 WIB
loading...
Mosaik Misterius Bergambar Medusa Ditemukan di Vila Romawi Abad ke-2
Dua mozaik era Romawi yang menggambarkan sosok mitologi dewi rambut ular Medusa ditemukan di Villa Antonines, Italia. Foto/Live Science/Wikimedia
A A A
ROMA - Dua mozaik era Romawi yang menggambarkan sosok mitologi dewi rambut ular Medusa ditemukan di Villa Antonines di Italia . Dalam mitologi Yunani kuno, Medusa yang rambutnya dari ular dapat mengubah manusia menjadi batu melalui tatapannya.

Tim peneliti menemukan mozaik di ruang bundar di Villa Antonines, yang pernah digunakan oleh anggota dinasti Antonine yang memerintah Kekaisaran Romawi dari tahun 138 hingga 193 M. Mosaik tersebut, menurut para peneliti pada pertemuan tahunan Institut Arkeologi Amerika, di New Orleans pada bulan Januari, kemungkinan berasal dari abad kedua masehi

Tim peneliti menemukan mozaik Medusa dalam dua ceruk yang dipotong menjadi ruangan melingkar di vila, satu di bagian barat laut ruangan dan satu lagi di bagian tenggara. Ruangan itu memiliki dua ceruk lain, tetapi tidak ada sisa-sisa mozaik yang ditemukan di dalamnya.



Masih menjadi misteri untuk apa ruangan ini digunakan dan mengapa berisi mozaik Medusa. Di kedua mozaik, Medusa melihat ke kejauhan, yang membuat para pengamat bertanya-tanya. “Apa yang dipikirkan wanita-wanita ini?” kata Timothy Renner, seorang profesor klasik dan humaniora umum di Montclair State University di New Jersey dikutip dari laman Live Science, Jumat (7/4/2023).

Deborah Chatr Aryamontri, profesor asosiasi klasik dan humaniora umum di Montclair State University dan salah satu direktur tim peneliti mengatakan, ruangan tersebut berdiameter sekitar 21 meter. Dia menjelaskan banyak dekorasi yang mengesankan dihilangkan selama abad ke-18 dan ke-19.

“Pasti sangat mengesankan untuk memasuki ruangan ini. Menemukan mozaik itu merupakan kejutan yang menyenangkan,” katanya selama wawancara dengan Live Science.
Mosaik Misterius Bergambar Medusa Ditemukan di Vila Romawi Abad ke-2


Para peneliti menjelaskan bahwa pada abad kedua kepala Medusa adalah fitur dekoratif yang populer di dunia Romawi. Tidak pasti apakah pemilik vila memesannya secara khusus atau apakah dibuat atas keinginan seniman yang mengerjakan ruangan itu.



Vila ini sangat besar dan tampak memiliki amfiteater yang digunakan oleh Kaisar Commodus untuk gladiator latihan dan pembunuhan binatang buas. Ruangan melingkar itu tampaknya berada di area tempat orang-orang tinggal di vila. Salah satu kemungkinan adalah bahwa itu adalah ruang resepsi.

Diketahui Dinasti Antonine memerintah Kekaisaran Romawi antara masa pemerintahan Kaisar Antoninus Pius (memerintah 138-161 M) dan Commodus (memerintah 177-192 M). Salah satu tantangan bagi arkeolog modern adalah banyaknya kerusakan dan gangguan di situs tersebut.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3766 seconds (0.1#10.140)