Virus Jamur Langka Menyerang Ratusan Pekerja Tambang, The Last of Us di Dunia Nyata?

Jum'at, 14 April 2023 - 07:24 WIB
loading...
Virus Jamur Langka Menyerang Ratusan Pekerja Tambang, The Last of Us di Dunia Nyata?
Ilustrasi jamur zombi Cordyceps yang jadi inspirasi film dan game The Last of Us. Foto: dok New York Post
A A A
MICHIGAN - Wabah penyakit jamur langka menyerang ratusan pekerja tambang di Pabrik Kertas Billerud di Michigan, AS, sejak Januari 2023. Wabah jamur tersebut membuat hampir 100 pekerja sakit. Infeksi tersebut diketahui disebabkan oleh jamur yang hidup di tanah dan kayu yang membusuk, namun hingga saat ini sumber wabahnya belum jelas.

Wabah tersebut memang mirip dengan serial HBO The Last of Us yang sukses mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Dalam serial tersebut diceritakan bahwa Indonesia yang menjadi tempat awal penyebaran wabah mengerikan yang disebabkan oleh jamur Cordyceps. Infeksi jamur tersebut memicu manusia menjadi zombi.

Tentu saja, wabah jamur yang terjadi di Michigan tidak membuat manusia menjadi zombi. Sebab, jamur penyebabnya juga berbeda. Yakni Blastomikosis, infeksi yang disebabkan oleh jamur Blastomyces dermatitidis.

Jamur ini dapat ditemukan di tanah dan debu yang terkontaminasi dengan urin hewan liar, seperti anjing atau rakun. Infeksi blastomikosis sering terjadi di Amerika Serikat bagian tenggara dan timur laut, serta Kanada.

Gejala blastomikosis dapat bervariasi dari orang ke orang, tetapi biasanya melibatkan gejala seperti demam, batuk, sakit kepala, nyeri dada, dan lesi kulit yang muncul di area yang terinfeksi.

Jika tidak diobati, blastomikosis dapat menyebar ke organ lain di dalam tubuh dan menyebabkan komplikasi serius. Pengobatan melibatkan pemberian obat antijamur, dan keberhasilannya tergantung pada seberapa cepat infeksi terdiagnosis dan diobati.

Pejabat Kesehatan Masyarakat Delta & Menominee Counties pertama kali menyadari wabah tersebut pada akhir Februari, setelah beberapa karyawan di Pabrik Kertas Billerud di Escanaba, Michigan, menderita pneumonia yang tidak biasa mulai Januari lalu.

Minggu lalu, 19 kasus blastomikosis telah dikonfirmasi, sementara 74 kemungkinan kasus lainnya telah ditemukan.

“Sekitar 12 orang telah dirawat di rumah sakit,” ujar Gerald Kell, presiden serikat Pekerja Lokal 21 United Steel.

Ini menjadi salah satu wabah blastomikosis terbesar di Michigan. Jamur hidup di seluruh bagian timur AS, tetapi paling sering ditemukan di negara bagian barat tengah, tengah-selatan, dan tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)