Teliti Beruang Coklat Selama Satu Dekade, Ilmuwan Ungkap Rahasia Anti-Pembekuan Darah

Sabtu, 15 April 2023 - 19:04 WIB
loading...
Teliti Beruang Coklat Selama Satu Dekade, Ilmuwan Ungkap Rahasia Anti-Pembekuan Darah
Setelah satu dekade melakukan penelitian terhadap beruang coklat, para ilmuwan berhasil mengungkap rahasia anti-pembekuan darah. Foto/NewAtlas
A A A
BERLIN - Setelah satu dekade melakukan penelitian terhadap beruang coklat , para ilmuwan berhasil mengungkap rahasia anti-pembekuan darah. Diharapkan penemuan ini bisa diterapkan pada manusia mengurangi risiko penggumpalan darah yang dikenal sebagai trombosis vena dalam.

Jika Anda melakukan perjalanan panjang dengan pesawat, pasti pernah mendengar bahwa Anda harus bangun dan bergerak secara berkala untuk menghindari pembentukan gumpalan darah. Itu karena ketika tubuh tidak bergerak untuk jangka waktu yang lama, kemungkinan darah menggenang, membeku, dan menggumpal.

Namun beruang dapat menghabiskan waktu berbulan-bulan dalam posisi yang sama di gua saat berhibernasi tanpa khawatir mengalami penggumpalan darah. Dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh para peneliti dari lembaga Jerman dan Swedia mengambil sampel darah dari beruang coklat di Swedia selama fase hibernasi di musim dingin, serta selama periode aktif mereka di bulan-bulan musim panas.



Mereka menemukan ketika beruang berhibernasi, protein yang dikenal sebagai HSP47 hampir tidak ada dalam sampel darah. Protein ini menutupi permukaan trombosit darah, dan membantu menarik dan mengikat sel darah putih untuk membuat struktur seperti jaring yang terlibat dalam pembentukan gumpalan.

Saat beruang kembali ke periode aktifnya, level HSP47 meningkat. Berdasarkan pengetahuan ini, para peneliti merekayasa tikus secara genetik agar tidak menghasilkan HSP47. Hasilnya, kemampuan tikus untuk membentuk gumpalan darah sangat berkurang.

Pada langkah selanjutnya, tim peneliti mengambil sampel darah dari manusia yang tidak dapat bergerak karena cedera tulang belakang. Sama seperti beruang, orang-orang ini menghabiskan hidupnya dengan tidak bergerak, tetapi cenderung tidak mengalami pembekuan darah yang berlebihan.

Benar saja, pasien manusia juga memiliki kadar HSP47 yang rendah. Demikian pula, ketika para peneliti meminta 10 sukarelawan sehat menjalani tirah baring ketat selama 27 hari, kadar HSP47 mereka turun.



Meskipun dari penelitian terlihat jelas bahwa tubuh secara alami menurunkan regulasi protein ketika tidak bergerak untuk jangka waktu yang lama, para peneliti bertanya-tanya apakah mengaktifkannya sebelum tubuh melakukannya sendiri dapat membantu mengurangi risiko penggumpalan darah yang dikenal sebagai trombosis vena dalam. Ini terjadi pada orang yang tiba-tiba tidak dapat bergerak, misalnya karena cedera.

Juga, para peneliti mengatakan bahwa menggunakan solusi berbasis gen untuk membantu pembekuan bisa lebih aman daripada standar saat ini menggunakan obat pengencer darah. “Pengobatan yang ideal untuk trombosis vena dalam akan mencegah pembentukan gumpalan darah di tempat yang tidak seharusnya,” kata Kim Martinod, ilmuwan biomedis di Katholieke Universiteit Leuven di Belgia dikutip dari laman NewAtlas, Sabtu (15/4/2023).

Sementara studi terhadap beruang coklat telah membuka rute baru penyelidikan untuk memerangi pembekuan darah yang berpotensi mematikan. Para peneliti mengatakan masih banyak yang harus dipelajari dari hewan tersebut.

“Kami juga melanjutkan penelitian kami pada model beruang, karena berpotensi menjadi solusi untuk berbagai tantangan besar. Saat ini, kami sedang bekerja untuk memahami mengapa beruang - tidak seperti manusia yang tidak aktif - tidak kehilangan massa otot selama hibernasi," kata Ole Frøbert, dari Departemen Kedokteran Klinis di Universitas Aarhus di Swedia.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3270 seconds (0.1#10.140)