Ikan Raksasa Purba, Bertubuh Mungil dengan Mulut Berukuran Besar

Senin, 17 April 2023 - 17:30 WIB
loading...
Ikan Raksasa Purba, Bertubuh Mungil dengan Mulut Berukuran Besar
Ikan raksasa lapis baja purba atau Dunkleosteus diperkirakan memiliki tubuh yang mungil meskipun punya ukuran mulut dan rahang yang besar. Foto/science alert
A A A
OHIO - Ikan raksasa lapis baja purba atau Dunkleosteus diperkirakan memiliki tubuh yang mungil meskipun punya ukuran mulut dan rahang yang besar. Para peneliti mengidentifikasi ukuran ikan purba dari periode Devonian akhir (sekitar 382-358 juta tahun yang lalu) menggunakan fosil bagian kepala yang diawetkan.

Dengan kata lain, para ilmuwan mencoba menilai ukuran spesies seperti yang ada di genus Dunkleosteus dari makhluk bawah air besar berdasarkan ukuran mulut dan rahangnya. Sebab, bagian tubuh lainnya, yang terdiri dari tulang rawan, tidak bertahan selama ribuan tahun.

“Selama bertahun-tahun, Dunkleosteus diperkirakan punya panjang 5 sampai 10 meter. Namun, belum ada yang memeriksa apakah ukuran itu sudah tepat dan masuk akal,” kata Russell Engelman dari Case Western Reserve University di Ohio, dikutip dari laman Science Alert, Senin (17/4/2023).



Pengukuran itu berdasarkan data dari empat fosil Dunkleosteus dan ratusan spesies ikan hidup, khususnya dalam hal hubungan antara pengukuran mulut bagian dalam dan luar dan ukuran keseluruhan. Engelman menilai bahwa perkiraan ukuran tersebut mungkin tidak tepat.

Apalagi analisis data baru menunjukkan bahwa dimensi ikan prasejarah ini tidak dapat dinilai berdasarkan ukuran hiu modern. Meskipun itu merupakan salah satu metode yang telah digunakan untuk mencoba dan mengisi kekosongan dalam pengetahuan ilmiah.

Menurut penelitian baru, kemungkinan besar spesies Dunkleosteus benar-benar memiliki tubuh yang lebih pendek dibandingkan dengan mulutnya yang menganga. Dengan proporsi antara ukuran kepala dan ukuran tubuh yang tidak sesuai dengan apa yang kita lihat pada hiu saat ini.
Ikan Raksasa Purba, Bertubuh Mungil dengan Mulut Berukuran Besar


"Dunkleosteus sering diasumsikan berfungsi seperti hiu putih besar. Namun, saat diteliti lebih detail tentang ikan ini, mungkin lebih akurat untuk mendeskripsikannya sebagai campuran hiu, kerapu, viperfish, tuna, dan piraiba," kata Engelman.



Dalam analisis kedua yang menguji metodenya sendiri yang baru dirancang untuk memperkirakan ukuran tubuh, Engelman mengatakan, Dunkleosteus terbesar hanya tumbuh sekitar 4 meter. Dia menjelaskan, ukuran ikan memengaruhi segalanya, mulai dari habitatnya hingga evolusinya hingga mangsa yang dimakannya.

“Ukuran mulut mungkin merupakan faktor terbesar dalam menentukan mangsa terbesar yang bisa dimakan ikan,” kata Engelman. Jadi ukuran mulut tidak menentukan ukuran tubuhnya, meskipun Dunkleosteus dewasa mungkin bisa menggigit 22,9 kilogram daging dalam sekali kunyahan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)