Pesawat Terakhir Pengebom Lancaster PA474 Kembali Mengudara di Eropa

Sabtu, 29 April 2023 - 07:17 WIB
loading...
Pesawat Terakhir Pengebom Lancaster PA474 Kembali Mengudara di Eropa
Pesawat pengebom Lancaster. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Pesawat pengebom Lancaster PA474 akan mengikuti Battle of Britain Memorial Flight (BBMF) Angkatan Udara Kerajaan, pada 4 Mei 2023. Pesawat pengebom terakhir itu akan terbang di langit Belgia dan Belanda.

Dilansir dari Forces Net, pesawat akan terbang dari Knokke di Belgia, dan melewati Belanda. lalu mendarat di Bergen. Penerbangan diatur oleh personel, di RAF Coningsby, rumah dari RAF BBMF dan Typhoon Display Team.

"Misi BBMF adalah menjaga sejumlah pesawat bersejarah masa perang dalam kondisi laik terbang, guna mengenang mereka yang gugur," tulis laman itu, dikutip Sabtu (29/4/2023).



Penerbangan tersebut juga akan memperingati peran pembom Lancaster dalam pembebasan Eropa, dan sebagai peringatan Operasi Manna, ketika Lancaster digunakan untuk mengirimkan bantuan ke Belanda.

"Lancaster adalah salah satu pesawat Perang Dunia Kedua yang paling ikonik dan terkenal, karena perannya dalam misi Dambusters yang berani 80 tahun lalu," sambungnya.



Sembilan belas pengebom Lancaster dari Skuadron 617 lepas landas dari RAF Scampton, di Lincolnshire, pada malam tanggal 16-17 Mei 1943, untuk menghancurkan bendungan di pusat industri Nazi Jerman dan memutus pasokan vital di Lembah Ruhr.

"Untuk memperingati 80 tahun Dambusters, Lancaster Lancaster RAF BBMF juga akan terbang di sekitar Lincolnshire pada 16 Mei," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4117 seconds (0.1#10.140)