Alien Bisa Deteksi Kehidupan di Bumi dari Kebocoran Sinyal Radio dan Ponsel

Kamis, 04 Mei 2023 - 00:58 WIB
Alien Bisa Deteksi Kehidupan di Bumi dari Kebocoran Sinyal Radio dan Ponsel
Ilustrasi gelombang sinyal radio. Foto: Istimewa
JAKARTA - Penelitian terbaru mengungkap bahwa sinyal radio yang bocor dan berisik, bisa memberikan dampak hingga luar angkasa. Menurutnya, sinyal tersebut bisa dideteksi oleh alien.

Meskipun keberadaan alien sendiri masih menjadi tanda tanya besar, para ilmuwan menyebut sinyal radio yang bocor bisa dideteksi dengan mudah dan ditangkap. Sehingga, alien bisa tahu bahwa ada kehidupan di Bumi.

Profesor Mike Garrett, pemimpin tim proyek penelitian sekaligus direktur Pusat Astrofisika Bank Jodrell di University of Manchester mengatakan, kebocoran sinyal radio juga bisa berasal dari perangkat seluler.

"Meskipun benar kita memiliki lebih sedikit pemancar TV dan radio yang kuat saat ini, proliferasi sistem komunikasi seluler di seluruh dunia sangat besar," ujarnya dikutip dari Metro, Rabu (3/5/2023).

"Bumi sudah sangat terang di bagian spektrum radio. Jika tren ini berlanjut, kita dapat dengan mudah terdeteksi oleh peradaban maju mana pun dengan teknologi yang tepat," tambahnya.

Dalam melakukan penelitian, para ilmuwan menggunakan data dari banyak orang untuk mensimulasikan kebocoran radio dari menara seluler. Tujuan mereka adalah untuk menentukan apa yang mungkin dideteksi alien.