Kuburan Bawah Laut Tentara dan Tahanan Perang Sipil Abad ke-19 Ditemukan di Pantai Florida

Kamis, 04 Mei 2023 - 18:53 WIB
loading...
Kuburan Bawah Laut Tentara dan Tahanan Perang Sipil Abad ke-19 Ditemukan di Pantai Florida
Lempengan batu besar di bawah laut. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Lempengan batu besar dengan nama John Greer yang meninggal tahun 1861 ditemukan di pemakaman bawah air, di lepas Pantai Florida. Selain makam John Greer, masih ditemukan sejumlah makam lainnya.

Dilansir dari Daily Mail, pemakaman bawah laut itu berisi para tentara dan buruh yang meninggal di rumah sakit karantina, pada abad ke-19. Saat ini, lokasi makam bawah laut itu telah menjadi Taman Nasional Tortugas kering.

"Hanya kuburan John Greer, seorang buruh yang meninggal pada 5 November 1861, telah diidentifikasi," kata laman itu, dikutip Kamis (4/5/2023).



Berdasarkan catatan sejarah, ada lusinan orang yang dimakamkan di lokasi Teluk Meksiko itu. Banyak tentara dan tahanan yang bertempat di Fort Jefferson, dirawat dan meninggal di rumah sakit tersebut.

Layanan Taman Nasional menjelaskan, ada wabah penyakit, termasuk demam kuning, di pulau yang menewaskan lusinan orang dari tahun 1860 hingga 1870. Hal inilah yang coba diungkap para arkeolog saat ini.

"Taman Nasional Tortugas, terdiri dari tujuh pulau, dan terumbu karang yang dilindungi, serta merupakan rumah bagi Fort Jefferson, pada abad ke-19," sambungnya.

Risiko penyakit menular, termasuk wabah demam kuning yang ditularkan oleh nyamuk, meningkat ketika populasi benteng tumbuh dengan personel militer, tahanan, orang yang diperbudak, staf pendukung dan keluarga mereka.



Benteng itu ditinggalkan pada tahun 1873, tetapi dinas Rumah Sakit Laut menempati lagi antara tahun 1890 dan 1900, dan sebuah rumah sakit isolasi didirikan di pulau terdekat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)