Terungkap! Mumi Putri Duyung di Kuil Jepang Digunakan untuk Menipu Orang Kaya

Kamis, 11 Mei 2023 - 18:49 WIB
Terungkap! Mumi Putri Duyung di Kuil Jepang Digunakan untuk Menipu Orang Kaya
Ilustrasi mumi putri duyung. Foto: Istimewa
JAKARTA - Mumi putri duyung berusia berabad-abad ditemukan dalam kotak kayu tertutup di kuil wilayah Okayama, Jepang. Mumi putri duyung itu lebih menyerupai Ningyo, makhluk mitologi di Jepang.

Dilansir dari Live Science, mumi putri duyung itu pertama ditemukan pada 2022. Para peneliti berpikir, bahwa batang tubuh dan kepala mumi berasal dari monyet yang dijahit ke tubuh ikan yang dipenggal.

"Bentuknya menyerupai Ningyo dari mitologi Jepang, makhluk seperti ikan dengan kepala manusia yang dapat menyembuhkan penyakit dan meningkatkan umur panjang," kata laman itu, dikutip Kamis (11/5/2023).

Sebelumnya, mumi putri duyung itu disembah banyak orang dan disimpan selama 40 tahun di dalam kotak kaca.

"Spesimen itu ditangkap oleh seorang nelayan, sekitar tahun 1736 dan 1741. Tetapi kemungkinan dibuat beberapa dekade setelah itu, sebagai tipuan untuk dijual kepada orang-orang kaya," sambungnya.

Para peneliti dari Universitas Sains dan Seni Kurashiki (KUSA) di Jepang, akhirnya mengambil alih mumi putri duyung itu, pada awal Februari 2022. Mereka selanjutnya mempelajari artefak mumi tersebut.

"Penelitian dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik, termasuk X-ray dan CT (tomografi terkomputerisasi) pemindaian, kencan radiokarbon, mikroskop elektron, dan analisis DNA," jelasnya.

Hasilnya, ternyata mumi putri duyung itu lebih aneh dari yang diharapkan. Tubuh putri duyung itu ternyata bukan milik monyet. Sebaliknya, dibuat dari kain, kertas, dan kapas yang disatukan oleh pin logam.