4 Penyakit akibat Menghangatnya Suhu Bumi, dari Nyamuk Pembunuh hingga Virus Zombie Superbugs

Kamis, 18 Mei 2023 - 22:43 WIB
loading...
A A A
2. Serangan Mematikan Nyamuk

Selain Lyme, penyakit lain yang ditimbulkan akibat perubahan iklim adalah serangan mematikan nyamuk pada manusia, seperti malaria, demam berdarah, Zika, virus Nil Barat, dan Chikungunya.

Dengan mengangkat suhu bumi, jangkauan beberapa penyakit yang ditularkan oleh nyamuk pun berkembang.

Sebuah studi dalam jurnal Science menemukan, perubahan kondisi iklim memungkinkan nyamuk untuk bermigrasi ke ketinggian dan lintang yang lebih tinggi.



Kekeringan akibat perubahan iklim dan cuaca ekstrem dapat menciptakan tempat pemuliaan nyamuk baru. Suhu yang lebih hangat juga memungkinkan nyamuk berkembang biak lebih cepat dan untuk periode waktu yang lebih lama.

Para ilmuwan menggunakan data satelit NASA untuk melacak kesehatan vegetasi, curah hujan, dan suhu dan memantau kondisi lingkungan yang menguntungkan nyamuk.

"Ini memungkinkan mereka untuk memprediksi di mana nyamuk dapat membiakkan dan menyebarkan penyakit," tulis penelitian itu.

3. Alergi Musiman

Perubahan iklim juga memperburuk alergi musiman. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mencatat, sebanyak 24 juta orang Amerika menderita demam, dan sekitar 10 juta menderita asma akibat alergi ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)