Berpotensi Jadi Sumber Energi Hijau, Batubara Akan Digunakan Menyimpan Hidrogen

Senin, 29 Mei 2023 - 20:17 WIB
loading...
A A A
“Batubara memiliki kandungan karbon yang tinggi dengan banyak pori-pori kecil yang dapat menyimpan lebih banyak gas. Jadi batubara itu seperti spon yang bisa menampung lebih banyak molekul hidrogen dibandingkan bahan non-karbon lainnya,” beber Liu.

Penelitian lebih lanjut akan mempelajari lebih dalam gagasan batubara sebagai wadah hidrogen, karena para peneliti memeriksa permeabilitas dan difusivitas material. Ini akan membantu untuk memahami seberapa cepat hidrogen dapat dipompa masuk dan keluar dari berbagai jenis batubara.

Data ini pada gilirannya, dapat menghasilkan "baterai" hidrogen berbasis batubara yang efisien. Liu juga menunjukkan bahwa penelitian tersebut dapat memberikan harapan bagi masyarakat yang sangat terpukul oleh peralihan dari batubara.

“Dalam transisi energi, masyarakat batu baralah yang paling terkena dampak ekonomi. Ini tentu saja merupakan peluang untuk menggunakan kembali batubara untuk pengembangan energi hijau. Saya pikir itu adalah sesuatu yang harus kita pertimbangkan,” pungkas Liu.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2948 seconds (0.1#10.140)