7 Fakta Menarik Kupu-kupu, Ternyata Memiliki Masa Hidup yang Singkat

Selasa, 30 Mei 2023 - 15:05 WIB
loading...
A A A


Selain itu, kupu-kupu juga tidak mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri. Oleh karenanya, jika ia berada pada suhu udara yang sangat dingin kemampuan terbang pun atau menghindar dari predatornya akan hilang secara cepat.

4. Pola Makan Bergantung pada Jenis yang Cair

7 Fakta Menarik Kupu-kupu, Ternyata Memiliki Masa Hidup yang Singkat

Pola makan kupu-kupu dewasa pada dasarnya hanya makan cairan atau berbentuk nektar. Bagian mulutnya telah dimodifikasi agar mampu meminum, tetapi tidak mampu untuk mengunyah.

5. Minum dari Butiran Lumpur

Kupu-kupu memang hidup tidak bisa jauh dari gula, tetapi juga butuh mineral. Untuk menyuplai pola makan nektarnya, kupu-kupu biasanya akan menyedot butiran lumpur yang kaya akan mineral dan gara.



Kebiasaan tersebut dinamakan dengan puddling dan hanya dilakukan oleh kupu-kupu jantan saja karena lebih membutuhkan mineral untuk spermanya. Nutris ini kemudian ditransfer ke betina saat kawin untuk meningkatkan ketahanan telurnya.

6. Hidup Selama 2-4 Pekan

7 Fakta Menarik Kupu-kupu, Ternyata Memiliki Masa Hidup yang Singkat

Setelah keluar dari kepompong sebagai kupu-kupu dewasa, seekor kupu-kupu biasanya hanya memiliki beberapa minggu saja untuk hidup. Sepanjang hidupnya, ia akan memfokuskan energinya untuk makan dan kawin.

Beberapa kupu-kupu terkecil yang berwarna biru hanya bisa bertahan selama beberapa hari saja. Sedangkan kupu-kupu yang lebih dewasa seperti monarchs atau mourning cloaks dapat bertahan lebih lama.

7. Jarak Pandang Dekat

Pandangan kupu-kupu cukup baik, yaitu sekitar 3-4 meter. Lebih dari itu, jarak pandang kupu-kupu akan terlihat sangat buram. Kupu-kupu juga bisa melihat rentang warna ultraviolet yang lebih luas seperti manusia.

Tanda ultraviolet di sayapnya berfungsi untuk mengenal satu sama lain dan mengetahui pasangan potensialnya. Bunga sendiri juga ternyata memiliki ultraviolet yang bisa digunakan untuk menarik hewan penyerbuk layaknya kupu-kupu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)