Messi vs Ronaldo Siapa Terbaik? Ini Hasil Perhitungan Sains

Jum'at, 09 Juni 2023 - 09:15 WIB
loading...
Messi vs Ronaldo Siapa Terbaik? Ini Hasil Perhitungan Sains
Perdebatan siapa yang terbaik antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih terus berlanjut hingga kini. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Perdebatan siapa yang jadi pesepakbola terbaik di dunia antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sepertinya bisa berakhir berdasarkan perhitungan sains.

Perdebatan siapa yang jadi pesepakbola terbaik di dunia antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bisa jadi adalah isu paling hangat saat ini. Masing-masing penggemar punya penilaian dan pertimbangannya sendiri dan tidak boleh diganggu gugat.

Bagi penggemar Lionel Messi, pesepakbola dari Argentina itu adalah yang terbaik sejagad. Mereka bahkan melabeli Leo, panggilan akrab Lionel Messi, dengan sebutan GOAT atau Greatest of All Time yang artinya terbaik sepanjang masa.

Begitu juga dengan penggemar Cristiano Ronaldo yang menganggap pesepakbola Portugal itu adalah yang terbaik sepanjang masa. Dedikasi dan kerja kerasnya dianggap jadi sebuah hal yang patut diapresiasi dari sosok Cristiano Ronaldo.

Perdebatan itu sepertinya tidak akan berujung. Namun sebuah perhitungan sains di antara keduanya bisa jadi akan mengakhiri perdebatan sengit tersebut.

Dr Ian Graham, ilmuwan Inggris yang sebentar lagi akan menduduki posisi Direktur Riset Liverpool FC, mengatakan berdasarkan perhitungan sains yang terbaik adalah Lionel Messi.

Hal itu diungkap oleh Dr Ian Graham baru-baru ini di ajang Cheltenham Science Festival.

Hal itu bukan klaim semata, Dr Ian Graham mengatakan hasil itu merupakan perhitungan peringkat yang menggunakan algortima canggih untuk mengevaluasi kontribusi kedua pemain yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Dari situ diketahui Lionel Messi yang baru-baru ini bergabung dengan klub sepak bola Amerika Serikat, Inter Miami, jauh lebih unggul dibanding Cristiano Ronaldo yang saat ini bergabung dengan klub sepakbola Al-Nassr FC.

Dr Ian Graham mengatakan faktor penilaian yang sangat mempengaruhi algoritma adalah posisi kedua pesepakbola. Lionel Messi merupakan gelandang serang. Beda dengan Cristiano Ronaldo yang sering mengisi posisi penyerang atau striker.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2193 seconds (0.1#10.140)