Messi vs Ronaldo Siapa Terbaik? Ini Hasil Perhitungan Sains

Jum'at, 09 Juni 2023 - 09:15 WIB
loading...
A A A
“Peluang yang dia ciptakan untuk rekan satu timnya jauh lebih besar daripada Ronaldo. Messi melakukan dua pekerjaan dengan cemerlang. Ronaldo melakukan satu pekerjaan dengan cemerlang. Itulah bedanya," jelas Dr Ian Graham.

Dari segi jumlah gol, Dr Ian Graham mengatakan Cristiano Ronaldo memang tidak bisa diragukan sebagai yang terbaik di dunia. Saat ini dia berada di posisi pertama dengan jumlah 830 gol sepanjang karir. Sebaliknya Lionel Messi masih tercecer jauh karena baru mengoleksi 702 gol.

Namun jumlah gol yang diraih Cristiano Ronaldo terwujud karena kebanyakan dicetak dari titik putih atau penalti. Hal itu menurut sains sedikit jauh lebih mudah dibandingkan proses gol yang dilahirkan melalui proses kerja sama tim.

Persentase gol yang dilakukan dari titik penalti hampir mencapai 75 persen. Jauh lebih tinggi dibandingkan gol yang didapat saat pertandingan berjalan.

"Ronaldo diuntungkan dengan persentase gol besar yang didapat dari titik penalti. Jika gol dari penalti tidak dihitung maka Lionel Messi lebih besar jumlah golnya dibandingkan Ronaldo," jelasnya.

Dr Ian Graham mengatakan penilaian berdasarkan sains ini memang boleh diperdebatkan. Hanya saja penilaian kriteria sains justru sudah sangat diterima untuk membantu mendongkrak prestasi.



Penilaian berdasarkan sains justru bisa jadi analisa yang komprehensif dalam menguji performa pemain. Ini beda dengan yang terjadi pada pertengahan 2000-an dimana analis hanya memiliki data dasar tentang gol, tembakan, sepak pojok, dan kartu kuning.

Saat ini klub sepak bola seperti Liverpool melacak data pemain secara komperehensif. Sains bisa memberikan penilaian kepada semua pemain bahkan saat tidak menguasai bola. Hal itu justru dijadikan patokan dalam membentuk pelatihan dan perekrutan pemaindimasadepan.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2368 seconds (0.1#10.140)