Gunung Kuno 4 Kali Lebih Tinggi dari Gunung Everest Ditemukan dalam Perut Bumi

Selasa, 13 Juni 2023 - 09:58 WIB
loading...
Gunung Kuno 4 Kali Lebih Tinggi dari Gunung Everest Ditemukan dalam Perut Bumi
Gunung Everest. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Pegunungan kuno bawah tanah dengan ketinggian 3-4 kali dari Gunung Everest ditemukan jauh di dalam perut bumi. Puncak gunung bawah tanah ini disebut zona kecepatan ultra-rendah atau ulvz.

Menurut BBC, dikutip dari NDTV, tim ahli dari Arizona State University menggunakan pusat-pusat seismologi di Antartika dan menemukan gunung-gunung besar ini sekitar 2.900 kilometer jauh di dalam planet kita.

"Struktur seperti gunung yang mereka ungkapkan benar-benar misterius," tulis laman itu, dikutip Selasa (13/6/2023).



Para ilmuwan menjelaskan, bahwa pegunungan bawah tanah ini dijuluki zona kecepatan ultra atau ULVZ.

Mereka percaya, bahwa pegunungan besar ini memiliki ketinggian lebih dari 24 mil (38 kilometer), sementara Gunung Everest sekitar 5,5 mil (8,8 kilometer) dari permukaan.

Ahli geofisika Universitas Negeri Arizona, Edward Garnero mengatakan, pihaknya menganalisis 1000 rekaman seismik dari Antartika, dan menemukan zona material anomali tipis di CMB (batas inti-mantel).

"Ketebalan material bervariasi dari beberapa kilometer hingga 10 kilometer. Ini menunjukkan, bahwa kita melihat gunung di inti, di beberapa tempat hingga 5 kali lebih tinggi dari gunung Everest," tambahnya.



Para ilmuwan percaya, gunung misterius ini berasal dari formasi kuno yang diciptakan ketika kerak samudera dibentuk menjadi bagian dalam bumi.

Mereka juga berpendapat bahwa gunung ini terbentuk dari lempengan tektonik yang tergelincir ke mantel planet dan tenggelam ke batas inti-mantel, perlahan-lahan menyebar untuk membentuk bermacam struktur gunung.

"Oleh karena itu, ini berarti bahwa gunung-gunung misterius ini terbuat dari kerak samudera kuno, yang merupakan kombinasi batuan basal dan sedimen dari dasar laut," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)