Hilang dalam Misi Perang Dunia II, Bangkai Kapal Selam Inggris Tenggelam di Laut Yunani

Rabu, 14 Juni 2023 - 10:52 WIB
loading...
A A A
Thoctarides dan timnya telah mencari bangkai kapal Triumph selama lebih dari 20 tahun. Mereka telah menemukan bangkai empat kapal selam, termasuk HMS Perseus pada tahun 1997. Namun, menemukan HMS Triumph merupakan yang tersulit.

“Kisah HMS Triumph sangat rumit dan unik dalam sejarah angkatan laut dan terkait erat dengan perlawanan Yunani dan dinas rahasia yang beroperasi selama masa pendudukan Italia-Jerman,” kata Giatropoulou.

Salah satu kunci sukses adalah menggunakan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh, atau ROV. “Pada kedalaman 203 meter dengan arus yang kuat, penyelam tidak dapat bekerja," katanya.

Operasi Khusus

Hilang dalam Misi Perang Dunia II, Bangkai Kapal Selam Inggris Tenggelam di Laut Yunani

Kapal selam HMS Triumph diluncurkan pada tahun 1938 dan menyelesaikan lebih dari 20 misi selama Perang Dunia II, termasuk serangan terhadap kapal Poros dan kapal selam di Laut Mediterania. Kapal selam HMS Triumph terkenal karena perannya dalam operasi rahasia, termasuk penyelamatan beberapa tentara sekutu yang terperangkap di Afrika Utara dan penyusupan ke Yunani.



Di antara misi lainnya, pada tahun 1941, kapal selam membawa Kapten Bill Hudson, seorang perwira Eksekutif Operasi Khusus Inggris (SOE) secara rahasia ke pelabuhan Petrovac Serbia. Misi ini untuk membantu partisan Yugoslavia melalui operasi militer khusus.

Timmy Gambin, seorang arkeolog maritim di Universitas Malta mengatakan, penting untuk memberi tahu keluarga awak HMS Triumph yang hilang. “Ini bukan hanya tentang para korban, tetapi lebih banyak lagi tentang mereka yang ditinggal,” katanya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3934 seconds (0.1#10.140)