Mengapa Snake Island Menjadi Pulau Terlarang? Ternyata Ini Alasannya

Kamis, 15 Juni 2023 - 13:37 WIB
loading...
Mengapa Snake Island Menjadi Pulau Terlarang? Ternyata Ini Alasannya
Snake Island mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Snake Island mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang di dunia. Tempat berbahaya ini merupakan sebuah pulau yang di dalamnya dihuni ribuan ular mematikan.

Dengan kondisinya tersebut, Snake Island menjadi salah satu pulau terlarang yang tidak boleh dikunjungi, terkecuali peneliti yang memiliki kepentingan. Meski demikian, Snake Island selalu mengundang rasa penasaran terkait statusnya sebagai tempat terlarang.


Apa Itu Snake Island

Snake Island atau Pulau Ular memiliki nama lokal Ilha da Queimada Grande. Mengutip laman A-Z Animals, Kamis (15/6/2023), pulau kecil ini berada di lepas pantai tenggara Brasil.

Sesuai dengan namanya, Snake Island memang dihuni banyak ular dengan berbagai jenis yang berbeda-beda. Dari sekian banyak, salah satu yang sangat langka adalah Golden Lancehead Viper.

Jenis ular tersebut menjadi salah satu yang paling berbisa di dunia. Tingkat kematian orang yang diserangnya bisa mencapai 7 persen tanpa perawatan anti-racun. Bahkan, jika orang tersebut tidak mati, dia mungkin akan mengalami kerusakan mendalam pada bagian tubuhnya.

Berada di pulau yang dipenuhi ular juga, mereka juga bisa saling memangsa satu sama lain. Namun, tak jarang juga ular-ular ini mendapat jackpot ketika melihat burung migras malang yang hinggap atau sekadar melintas di pulau.


Alasan Snake Island menjadi Pulau Terlarang

Melihat kondisi yang ada di Snake Island, rasanya sudah cukup masuk akal mengapa tempat ini dilarang dikunjungi. Dalam hal ini, pemerintah Brasil juga menutup akses ke pulau itu guna melindungi manusia sekaligus ular.

Meski demikian, terkadang sedikit peneliti memang diperbolehkan untuk pergi ke Snake Island. Sebelum itu, mereka memiliki syarat khusus dengan harus membawa dokter bersertifikat.

Singkatnya, Snake Island sangat berbahaya bagi siapapun. Sehingga tidak diperbolehkan menjadi tujuan kunjungan dari orang sembarangan. Alih-alih melanggar aturan dengan menerobos masuk, mereka bisa saja mati di pulau tersebut karena ular.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2572 seconds (0.1#10.140)