10 Fakta Hiu Paus yang Muncul di Perairan Teluk Jakarta

Jum'at, 16 Juni 2023 - 23:28 WIB
loading...
10 Fakta Hiu Paus yang Muncul di Perairan Teluk Jakarta
Hiu paus menjadi ikan terbesar di dunia dengan berat mencapai 21 ton. Foto: CBC News
A A A
JAKARTA - Kemunculan hiu paus atau Rhincodon Typus di Teluk Jakarta bikin heboh warganet. Sebab, tidak biasanya hiu jinak itu terlihat di wilayah Jakarta.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan bahwa Hiu Paus kini berstatus terancam punah dan merupakan hewan dilindungi secara nasional melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus.

“Bahkan (dilindungi) di lingkup internasional oleh IUCN (The International Union for Conservation of Nature),” katanya.

10 Fakta Hiu Paus yang Muncul di Perairan Teluk Jakarta

Video Hiu Paus berkeliaran di perairan Teluk Jakarta sebelumnya viral di media sosial. Video tersebut diambil oleh wisatawan yang sedang bermain jet ski di sekitar perairan dekat Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Dalam video itu terlihat sejumlah ikan hiu paus muncul di perairan. "Ini ada satu ekor, dua ekor, tiga, ini lima ekor lagi. Ada delapan ya," sebut orang yang merekam video tersebut.

Peneliti Ahli Madya Pusris Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Fahmi memastikan bahwa ikan yang terlihat dalam video merupakan Hiu Paus atau dalam bahasa ilmiahnya Rhincodon Typus.

Nah, berikut adalah 10 fakta unik tentang hiu paus, yang jadi salah satu hewan anggun terpopuler di Instagram dan media sosial:

1. Ukuran Raksasa

Hiu paus (Rhincodon typus) adalah salah satu hiu terbesar yang ada di dunia. Mereka dapat mencapai panjang hingga 12-16 meter dan memiliki berat mencapai 20 ton atau lebih.

2. Pemakan Plankton

Hiu paus adalah salah satu jenis hiu yang bersifat pemakan plankton. Mereka menyaring makanan dari air menggunakan siripnya yang berbentuk seperti sisir yang disebut "sirip makanan" di bagian kepala mereka.

3. Hiu Tanpa Gigi

Meski namanya hiu, tapi Hiu paus tidak memiliki gigi. Sebaliknya, mereka memiliki plakton yang berfungsi sebagai penyaring makanan. Ini memungkinkan mereka untuk menangkap plankton dengan cara menyaring air melalui plakton itu sendiri.

4. Berwarna Abu-Abu Besar

Hiu paus memiliki tubuh berwarna abu-abu dengan bercak-bercak putih di bagian perut. Pola dan warna tubuh mereka dapat berbeda antara satu individu dengan individu lainnya, mirip seperti sidik jari manusia.

5. Hiu Terjauh

Hiu paus ditemukan di berbagai perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Mereka memiliki distribusi yang luas dan sering ditemukan di Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Samudera Atlantik.

6. Usia Panjang

Hiu paus dapat hidup hingga 70 tahun atau lebih. Usia ini sangat lama untuk ukuran hewan laut dan mengungkapkan potensi tingkat kelangsungan hidup mereka yang tinggi.

7. Jinak

Hiu paus dikenal sebagai hiu yang tenang dan tidak agresif terhadap manusia. Mereka sering berinteraksi dengan penyelam dan wisatawan di beberapa lokasi.

8. Berenang Pelan

Hiu paus biasanya berenang dengan kecepatan sekitar 5 kilometer per jam. Meskipun ukurannya besar, mereka memiliki gerakan yang lembut dan anggun di dalam air.

9. Pemalu dan Penyendiri

Meskipun terkadang dapat ditemukan dalam kelompok kecil, hiu paus umumnya bersifat penyendiri dan cenderung menjalani hidup sendiri.


10. Perjalanan Jarak Jauh

Hiu paus dikenal melakukan perjalanan jarak jauh selama migrasi mereka. Beberapa individu diketahui melakukan perjalanan hingga ribuan kilometer dalam waktu yang relatifsingkat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3053 seconds (0.1#10.140)