Pertama Kali Hiu Paus Terekam Menyedot Mangsa dari Dasar Lautan

Senin, 19 Juni 2023 - 18:02 WIB
loading...
Pertama Kali Hiu Paus Terekam Menyedot Mangsa dari Dasar Lautan
Spesies hiu terbesar di dunia, hiu paus yang biasanya menyaring makanan secara pasif mengumpulkan krill dan plankton saat berenang terekam mencari makan dengan mengais-ngais di dasar lautan. Foto/Cadiving/Wikipedia
A A A
LONDON - Hiu paus sebagai spesies hiu terbesar di dunia biasanya menyaring makanan, secara pasif mengumpulkan krill dan plankton saat berenang di air. Namun, rekaman terbaru menunjukkan seekor hiu paus (Rhincodon typus) mencari makan dengan mengais-ngais di dasar lautan.

Hiu paus terekam di dekat La Paz, Meksiko, sebuah kota pesisir di selatan Baja California yang dikenal sebagai hotspot hiu paus. Video tersebut memperlihatkan ikan besar itu membungkuk dan menjulurkan rahangnya yang besar ke dalam pasir, tampak menyedot air dan sedimen dalam upaya mencari makanan.

Pengamatan baru ini yang dimuat Journal of Fish Biology pada 21 Mei ini menunjukkan betapa masih banyak hal belum tahu tentang perilaku dan ekologi spesies yang terancam ini. “Fakta bahwa sangat sedikit yang diketahui tentang hiu paus adalah gila,” kata Joel Gayford, seorang peneliti hiu dan mahasiswa pascasarjana di Imperial College London, kepada Live Science, Senin (19/6/2023).



Hiu paus (Rhincodon typus) adalah spesies hiu terbesar di Bumi, tumbuh hingga sepanjang 18 meter. Mereka hidup di perairan hangat di seluruh dunia, meskipun populasinya kemungkinan telah menurun lebih dari 50% selama 75 tahun terakhir.

Berdasarkan video ini, sulit untuk mengetahui dengan pasti mangsa apa yang mungkin dicari oleh hiu paus. Gayford berspekulasi bahwa hiu paus ini sedang mencari bentik isopoda, krustasea laut yang hidup di dasar laut.

“Biasanya, hiu paus adalah penyaring makanan, menangkap krill dan plankton lainnya baik dengan menyaring makanan dari air saat berenang di sekitar permukaan,” kata Gayford.
Pertama Kali Hiu Paus Terekam Menyedot Mangsa dari Dasar Lautan


Mark Meekan, ahli biologi kelautan di University of Western Australia mengatakan, rekaman hiu paus mencari makan di dasar laut belum pernah terdokumentasikan dan tidak pernah diduga. Kemungkinan, plankton yang dimakan oleh hiu paus bermigrasi ke dasar lautan pada siang hari, sehingga hiu paus juga mencari makan di dasar lautan.



Mungkin juga perilaku ini terjadi hanya ketika tidak ada cukup makanan biasa di sekitar hiu paus. Kondisi ini membuat hiu paus mencari cara lain untuk makan. “Perilaku langka seperti ini jarang terlihat,” kata Gayford.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)