Profesor Harvard Business School Dituduh Lakukan Pemalsuan

Selasa, 27 Juni 2023 - 15:15 WIB
loading...
Profesor Harvard Business School Dituduh Lakukan Pemalsuan
Harvard Business School. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Francesca Gino, profesor Harvard Business School yang dikenal karena meneliti ketidakjujuran dan perilaku tidak etis, dituduh melakukan pemalsuan.

Gino telah menulis lusinan studi menawan di bidang ilmu perilaku dan menjadi konsultan untuk beberapa perusahaan terbesar di dunia, seperti Goldman Sachs dan Google.

Tidak hanya itu, dia juga memberikan saran tentang outlet berita, seperti The New York Times, The Wall Street Journal dan bahkan NPR.


Tetapi, selama dua minggu terakhir, beberapa orang, termasuk seorang kolega, maju dengan klaim bahwa Gino merusak data dalam empat makalah. Sayangnya, Harvard Business School menolak berkomentar.

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di LinkedIn, profesor itu mengatakan, dia telah mengetahui klaim itu tetapi tidak menyangkal atau mengakui kesalahan apa pun.

"Ketika saya terus mengevaluasi tuduhan ini dan menilai opsi saya, saya terbatas pada apa yang dapat saya katakan di depan umum," tulis Gino, pada hari Sabtu, dikutip dari NPR, Selasa (26/6/2023).


Skandal itu pertama kali dilaporkan oleh Chronicle of Higher Education awal bulan ini. Menurut outlet berita, selama setahun terakhir, Harvard telah menyelidiki serangkaian makalah yang melibatkan Gino.

Max H. Bazerman, seorang profesor sekolah bisnis Harvard yang berkolaborasi dengan Gino di masa lalu mengatakan, studi itu sendiri melihat apakah kejujuran dalam pajak dan dokumen asuransi.

Gino telah berkontribusi pada lebih dari seratus artikel akademis seputar keberhasilan kewirausahaan, mempromosikan kepercayaan pada tenaga kerja, dan baru tahun lalu menerbitkan studi baru.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3532 seconds (0.1#10.140)