Ini Penjelasan Ilmiah di Balik Munculnya Bayangan Hitam Manusia akibat Bom Atom di Hiroshima-Nagasaki

Rabu, 02 Agustus 2023 - 11:28 WIB
loading...
Ini Penjelasan Ilmiah di Balik Munculnya Bayangan Hitam Manusia akibat Bom Atom di Hiroshima-Nagasaki
Kota Hiroshima dan Nagasaki luluh lantak akibat bom atom yang dijatuhkan pada bulan Agustus 1945. (Foto: Universal History Archive)
A A A
NEW MEXICO - Film Oppenheimer yang menggambarkan dahsyatnya dampak ledakan nuklir di dua kota, Hiroshima dan Nagasaki, Jepang medio Agustus 1945 sungguh nyata. Bom yang dinamai ‘Little Boy’ dan ‘Fat Man’ merusak seluruh elemen kehidupan di dua kota.

Beberapa waktu lalu, para peneliti menemukan setumpuk obyek bayangan hitam seperti bentuk tubuh manusia beserta obyek benda lainnya, menyerupai sepeda di bekas lokasi pemboman Hiroshima-Nagasaki . Bayangan tersebut disinyalir terbentuk karena proses ledakan dan residu.

Pakar radiologi dari National Museum of Nuclear Science and History, New Mexico Dr. Michael Hartshorne menerangkan proses spesifik penyebab timbulnya bayangan di area pemboman nuklir. Ketika bom nuklir meledak, daya yang terpancar berupa cahaya dan panas dalam jumlah besar.

Seluruh obyek di sekitar area yang terpapar bom nuklir menyerap cahaya dan energi tadi. Cahaya tadi meluluhlantakkan obyek-obyek padat menjadi sbentuk bayangan.

Ini Penjelasan Ilmiah di Balik Munculnya Bayangan Hitam Manusia akibat Bom Atom di Hiroshima-Nagasaki

(Foto: Universal History Archive)



“Bayangan ‘menakutkan’ yang terlihat menempel di bangunan dan jalanan tadi menggambarkan aktivitas terakhir sebelum kejadian pemboman nuklir. Sisa-sisanya menempel di permukaan berupa bayangan gelap,” kata Hartshorne dilansir dari Live Science, Rabu (2/8/2023).

Energi Fisi Nuklir

Fenomena yang terjadi tadi dikenal sebagai fisi nuklir. Proses ini telah diteliti oleh Atomic Heritage Foundation yang berbasis di Washington,D.C. Reaksi nuklir ini terjadi saat nukleus atom terbagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang sering kali menghasilkan foton dan neutron bebas (dalam bentuk sinar gamma), dan melepaskan energi yang sangat besar.

Fisi nuklir juga menghasilkan energi listrik dan dimanfaatkan sebagai senjata. Hal ini memungkinkan reaksi berantai yang melepaskan energi dalam tingkat yang terkontrol di reaktor nuklir atau dalam tingkat yang sangat cepat dan tak terkontrol dalam senjata nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2704 seconds (0.1#10.140)