Ilmuwan Temukan Tengkorak Anak Tanpa Dagu di China, Diduga Spesies Manusia Baru

Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:29 WIB
Ilmuwan Temukan Tengkorak Anak Tanpa Dagu di China, Diduga Spesies Manusia Baru
Tengkorak anak tanpa dagu yang diperkirakan hidup 300 ribu tahun lalu, ditemukan di China. (Foto: Daily Mail)
JAKARTA - Tengkorak seorang anak tanpa dagu yang diperkirakan hidup pada 300 ribu tahun lalu, ditemukan di China . Para ilmuwan menduga ada spesies manusia baru yang selama ini belum terungkap.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis (10/8/2023), sisa-sisa fosil, termasuk tulang rahang, tengkorak, dan kaki, ditemukan di Hualongdong, China pada 2019.

Hal yang membingungkan para ahli adalah fitur wajah individu tersebut tidak cocok dengan garis keturunan Neanderthal, atau Denisovan, atau manusia modern. Para ahli curiga ada spesies manusia baru yang selama ini belum diketahui. Pasalnya, spesies tersebut tidak memiliki dagu.

Ciri-ciri fisik fosil tersebut lebih mirip Denisovan, spesies manusia purba yang punah di Asia yang terpisah dari Neanderthal lebih dari 400.000 tahun lalu.

Tungkai, tutup tengkorak, dan rahang milik anak berusia 12 atau 13 tahun yang ditemukan, memiliki sifat yang lebih primitif, menurut para ahli di Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS).

Namun di sisi lain, sisa wajah anak itu memiliki ciri-ciri yang lebih mirip manusia modern. Hal itu membuat tim peneliti menyimpulkan telah menemukan garis keturunan hominin yang sama sekali baru. Yaitu hibrida antara cabang yang menciptakan manusia modern dan yang mengarah ke Denisovans di wilayah tersebut.

Hal ini berarti ada silsilah Homo erectus yang mengarah ke homo sapiens masa kini, silsilah Denisovan, dan mata rantai ketiga dalam silsilah keluarga hominin di Asia yang 'secara filogenetis dekat' dengan manusia modern.

Temuan ini juga penting karena studi sebelumnya tentang sisa-sisa Neanderthal di Eropa dan Asia Barat telah menemukan bukti garis keturunan keempat hominin yang hidup di Pleistosen Tengah hingga Akhir.

Namun, kelompok yang hilang ini tidak pernah diidentifikasi secara resmi dalam catatan fosil. Di China, Homo sapiens baru muncul sekitar 120.000 tahun lalu.