Intip Prototipe Jet Tempur Baru AS, Mirip Pesawat Luar Angkasa

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 18:53 WIB
loading...
Intip Prototipe Jet Tempur Baru AS, Mirip Pesawat Luar Angkasa
Prototipe pesawat perang terbaru milik Amerika Serikat. (Credit: SWNS)
A A A
JAKARTA - Militer Amerika Serikat tengah giat berinvestasi ke pengadaan pesawat perang senilai Rp 3,6 miliar. Pesawat terbaru ini bakal bisa menampung sekira 200 orang.

Angkatan Udara AS pada 16 Agustus 2023 lalu mengumumkan pihak ketiga yang bakal mengerjakan proyek pesawat ini di Los Angeles, JetZero. Tipe yang dikembangkan yaitu prototipe blended wing body (BWB) mirip pesawat luar angkasa .

Keunggulan pesawat perang terbaru ini terletak pada desain yang sangat efisien dan aerodinamis hingga 30 persen. Desain BWB tadi didedikasikan untuk persiapan konversi bahan bakar minim emisi karbon.

Teknologi super efisien tadi memungkinkan untuk meningkatkan daya jelajah pesawat yang juga bakal difungsikan sebagai pesawat kargo. Kemampuan jelajah yang lincah ini sangat penting untuk mengurangi risiko kerusakan logistik. Beberapa konfigurasi transportasi militer dimungkinkan dengan BWB.



"Pesawat berbadan sayap campuran (BWB) berpotensi untuk secara signifikan mengurangi bahan bakar hingga 60 persen dibandingkan pesawat jet dan meningkatkan jangkauan global," kata Sekretaris Angkatan Udara AS Frank Kendall dalam rilis media yang dilansir dari Studyfinds.com, Jumat (18/8/2023).

Pertimbangan ini pun telah masuk kajian strategi keamanan nasional AS dalam penganggaran khusus 2023. Nantinya, strategi transformasi alutsista AS lainnya mengadopsi teknologi dengan dua fungsi.



Tindak lanjut kebijakan ini kemudian dikembangkan oleh Angkatan Udara AS bersama badan luar angkasa AS NASA beserta Unit Inovasi Pertahanan Kementerian Pertahanan AS.

“Pengumuman kebijakan teknologi baru ini menandari capaian Angkatan Udara untuk mencapai efektivitas kinerja militer pada masa depan,” kata Asisten Sekretaris Angkatan Udara AS Dr. Ravi Chaudhary.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)