Susul China dan Rusia, Roket India Mendarat Mulus di Bulan

Kamis, 24 Agustus 2023 - 07:04 WIB
loading...
Susul China dan Rusia, Roket India Mendarat Mulus di Bulan
Roket India Mendarat Mulus di Bulan. Hindustan times
A A A
NEW DELHI - India baru saja berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 di Bulan, menjadikannya negara keempat di dunia yang mencapai prestasi seperti itu.



Sebelumnya, hanya Amerika Serikat, China, dan bekas Rusia yang berhasil mendarat di permukaan Bulan.

Lokasi pendaratan Chandrayaan-3 lebih dekat ke kutub selatan Bulan dibandingkan pesawat ruang angkasa lainnya dalam sejarah eksplorasi.

Wilayah kutub selatan dianggap sebagai wilayah yang memiliki kepentingan ilmiah dan strategis utama bagi negara-negara penjelajah ruang angkasa karena para ilmuwan yakin wilayah tersebut menampung endapan air es.

Air yang membeku di kawah gelap tersebut dapat diubah menjadi bahan bakar roket atau air minum untuk misi awak di masa depan.

Perdana Menteri India Narendra Modi, yang saat ini berada di Afrika Selatan untuk menghadiri konferensi BRICS, menyaksikan pendaratan bersejarah tersebut dan menyampaikan pidato melalui streaming video.

“Pada kesempatan yang membahagiakan ini, saya ingin menyampaikan pidato kepada semua orang di dunia,''

“Keberhasilan ini menjadi milik semua orang, dan ini akan membantu misi ke Bulan yang dilakukan negara lain di masa depan,” ujar Modi seperti dilansir dari Hindustan Times Kamis (24/8/2023).

Misi Chandrayaan-3 diluncurkan pada pertengahan Juli dan mengorbit Bumi beberapa kali untuk meningkatkan kecepatan yang dibutuhkan dalam perjalanannya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)