Metode Penggunaan Pengganti Tulang dengan Protein Morfogenetik

Senin, 28 Agustus 2023 - 17:45 WIB
loading...
Metode Penggunaan Pengganti Tulang dengan Protein Morfogenetik
Metode Penggunaan Pengganti Tulang . FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
JAKARTA - CGBio (CEO Hyun-Seung Yu), sebuah perusahaan medis bio-regenerasi dengan sukses mengakhiri seminar globalnya bertajuk ‘Meet the Master’ yang menargetkan profesional ortopedi Indonesia, seperti yang diumumkan pada tanggal 28 Agustus 2023.


CGBio mengadakan seminar global ‘Meet the Master’ berdasarkan area spesialisasi. Terkhusus untuk cangkok dan pengganti tulang, seminar tersebut dibagi ke dalam topik tulang belakang dan trauma.

Seminar tersebut diadakan setidaknya dua kali dalam satu tahun, bertujuan untuk meningkatkan taraf pemahaman dan pengetahuan profesional medis global.

Dibandingkan dengan negara-negara seperti di Eropa dan Amerika, Indonesia memiliki penggunaan pengganti tulang dengan protein morfogenetik tulang-2 (rhBMP-2) yang relatif rendah untuk perawatan cacat dan trauma tulang.

CGBio bertujuan untuk memperkenalkan metode baru menggunakan pengganti tulang dan meningkatkan taraf pengetahuan profesional medis lokal, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup para pasien cacat tulang di Indonesia.

Seminar yang dipimpin oleh Profesor Jong-Keon Oh dari Korea University Guro Hospital tersebut mengangkat tema, “Bagaimana rhBMP-2 dengan carrier HA mengubah pendekatan saya dalam Trauma Ortopedi, mulai dari cacat tulang hingga patah tulang yang rumit.”

Profesor Ismail Hadisoebroto Dilogo dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo berkata, “Untuk fusi tulang, sebuah konsep yang dinamakan dengan ‘Diamond Concept’ membutuhkan empat elemen penting (sel, faktor pertumbuhan, scaffolding, dan fiksasi mekanis). NOVOSIS memiliki scaffolding dan faktor pertumbuhan.”

Ia menjelaskan lebih lanjut, “rhBMP-2, faktor pertumbuhan tulang paling ampuh yang saat ini tersedia, dapat mempercepat proses pemulihan saat digunakan dalam bedah patah tulang panggul dan non-union.”

Profesional medis mengungkapkan bahwa NOVOSIS lebih efisien dan stabil untuk regenerasi tulang dibandingkan dengan pengganti tulang berbasis spons kolagen yang marak digunakan.

Profesor Jong-Keon Oh menyatakan, “NOVOSIS menggunakan carrier hidroksoapatit yang mengeluarkan protein morfogenetik, mengurangi risiko formasi tulang berlebihan secara signifikan, membuat penggunaannya jauh lebih stabil.”

Seusai acara ini, CGBio berencana untuk bekerja sama dengan profesional medis dari Indonesia dan Korea untuk melakukan penelitian bersama, menjalin ikatan dengan universitas terkemuka untuk pengembangan produk yang akan datang, dan memperkuat bisnis lokal dengan strategi kerja sama terbuka. Mereka juga berencana untuk memperluas pasar ke kawasan Asia yang lebih luas melalui perizinan aktif dan pemasaran global.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2787 seconds (0.1#10.140)