5 Wilayah di Dunia yang Rawan Hiu, Jangan Coba-Coba Berenang!

Kamis, 31 Agustus 2023 - 15:19 WIB
loading...
5 Wilayah di Dunia yang Rawan Hiu, Jangan Coba-Coba Berenang!
Wilayah di dunia yang rawan hiu harus diwaspadai karena sangat berbahaya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada 5 wilayah rawan hiu di dunia yang harus diwaspadai ketika Anda berkunjung kesana. Meski serangan hiu jarang terjadi dan biasanya karena ketidakpahaman hiu terhadap manusia sebagai mangsa, beberapa wilayah di dunia dikenal sebagai tempat rawan serangan hiu.

Berikut adalah daftar tujuh wilayah yang perlu diwaspadai bagi para penyelam dan pecinta aktivitas di laut:

Wilayah di Dunia yang Rawan Hiu

1. Pantai Smyrna, Florida
5 Wilayah di Dunia yang Rawan Hiu, Jangan Coba-Coba Berenang!

Perairan lepas pantai Florida terkenal dengan aktivitas hiu, khususnya di sepanjang garis pantai timur. Florida menduduki peringkat tinggi dalam statistik serangan hiu global karena berkumpulnya berbagai spesies hiu dan populasi manusia yang tinggi.

Perairan yang hangat dan dangkal serta keberadaan ikan mangsa menarik hiu lebih dekat ke pantai. Berdasarkan International Shark Attack File (ISAF), telah terjadi lebih dari 300 serangan hiu tanpa alasan di Volusia County, tempat Pantai New Smyrna berada. Diperkirakan serangan ini biasanya terjadi karena kekeruhan air akibat limpasan hujan deras.

2. Pantai Gansbaai, Afrika Selatan
5 Wilayah di Dunia yang Rawan Hiu, Jangan Coba-Coba Berenang!

Afrika Selatan terkenal dengan industri penyelaman hiu, sehingga menarik wisatawan petualang yang ingin melihat hiu dari dekat, termasuk hiu putih besar yang menakutkan. Populasi anjing laut yang sehat dan perpaduan arus laut yang kompleks menjadikannya habitat ideal bagi predator ini.

Selain itu telah tercatat sekitar 394 serangan hiu yang tidak beralasan, termasuk 94 kematian, sejak 1940 an. Gansbaai memiliki konsentrasi hiu putih besar yang paling signifikan di wilayah yang begitu kecil.

3. Pantai Bondi, Australia
5 Wilayah di Dunia yang Rawan Hiu, Jangan Coba-Coba Berenang!

Australia adalah rumah bagi beberapa ekosistem laut yang paling beragam di muka bumi, termasuk sejumlah spesies hiu. Tidak terkecuali pantai Bondi, dengan garis pantainya yang menakjubkan dan kehidupan laut yang kaya.

Tempat selancar dan berenang yang populer di sepanjang pantai ini telah melaporkan adanya insiden hiu, saat seorang wanita muda terbunuh atas serangan hiu di tahun 2006 lalu.

4. Danau Nikaragua, Nikaragua
5 Wilayah di Dunia yang Rawan Hiu, Jangan Coba-Coba Berenang!

Danau Nikaragua, yang juga dikenal sebagai Granada atau Cocibolca, merupakan salah satu danau air tawar terbesar di wilayah Amerika Tengah. Keunikan danau ini terletak pada fakta bahwa ia menjadi habitat bagi berbagai kehidupan akuatik, termasuk hiu.

Penting untuk mencatat bahwa beberapa insiden serangan hiu terhadap manusia telah tercatat di Danau Nikaragua. Meskipun jumlah serangan yang terjadi relatif kecil, yakni hanya tiga insiden, tetap diingatkan agar semua individu berhati-hati ketika berada di danau ini, mengingat populasi hiu banteng yang menghuni perairannya.


5. Recife, Brasil
5 Wilayah di Dunia yang Rawan Hiu, Jangan Coba-Coba Berenang!

Perairan hangat Brasil menarik beragam spesies hiu, termasuk Hiu Banteng dan Hiu Macan. Destinasi pantai populer seperti Recife telah mengalami sejumlah serangan hiu, sehingga mendorong pihak berwenang menerapkan strategi untuk mengurangi risiko bagi perenang dan peselancar.

Lebih dari 50 serangan hiu, 16 diantaranya berakibat fatal, telah tercatat di sepanjang 12 mil pantai dekat Recife sejak tahun 1992. Tingginya jumlah serangan hiu menjadikan Recife salah satu tempat paling berbahaya di dunia untuk berenang. Itulah deretan wilayah di dunia yang rawan hiu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3412 seconds (0.1#10.140)