10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film

Sabtu, 02 September 2023 - 20:01 WIB
loading...
A A A
Orang yang menghisap juga bisa meracuni diri sendiri jika tidak menyadari adanya luka di mulutnya. Praktik keliru ini mungkin merupakan mitos sains paling terkenal yang diabadikan dalam film-film Barat seperti Snakes on a Plane dan The Brothers Grimsby.

2. Ledakan di Luar Angkasa

10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film


Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan film fiksi ilmiah tentang luar angkasa adalah akibat spektakuler dari ledakan dalam ruang hampa.

Kenyataannya, ledakan yang terjadi di ruang hampa sebenarnya terjadi secara senyap, karena tidak ada molekul udara yang bergetar atau mendekompresi gendang telinga manusia.

Kurangnya atmosfer juga membuat api tidak dapat muncul di luar angkasa, yang berarti ledakan di luar angkasa tidak menghasilkan bola api atau asap yang tersisa.

Secara ilmiah, ledakan di luar angkasa terjadi secara instan, dan satu-satunya efek yang dapat diamati hanyalah kilatan cahaya yang cepat dan efek gelombang kejut yang tidak terlihat.Sayangnya, mulai dari Star Trek hingga Armageddon, ledakan di luar angkasa seringkali digambarkan secara tidak akurat.

3. Peredam Suara Membuat Senjata Senyap

10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film


Peredam suara modern mengurangi kebisingan akibat tembakan sekitar 30 desibel (dB). Jumlah ini tidak cukup untuk membuat sebagian besar senjata tetap senyap, karena senjata api biasanya menghasilkan sekitar 150 dB.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)