10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film

Sabtu, 02 September 2023 - 20:01 WIB
loading...
A A A
Menggunakan defibrillator untuk menghidupkan kembali jantung yang tidak berdetak adalah praktik salah yang dipopulerkan oleh film-film seperti Flatliners dan The Abyss.

Namun, adegan terkenal di Casino Royale - di mana aritmia akibat racun James Bond diperbaiki dengan defibrilator - sebenarnya akurat secara ilmiah. Ini adalah salah satu dari sedikit adegan film yang menggunakan defibrilator dengan benar.

8. Kloroform Membuat Pingsan Seketika

10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film


Dari semua kebohongan yang masih diyakini orang-orang, efek seketika dari kloroform adalah salah satu yang paling fatal.Film seperti Raising Cain, The Vanishing, Renfield, Saw, dan puluhan lainnya menggambarkan orang-orang langsung pingsan karena dipaksa menghirup kloroform.

Sinetron-sinetron di seluruh dunia juga ikut andil dalam melanggengkan mitos ini. Pada kenyataannya, diperlukan waktu beberapa menit bahkan jika menghirup kloroform dengan kuat agar obat tersebut benar-benar menyebabkan ketidaksadaran.

Untungnya, masyarakat modern lebih bijak terhadap sains . Mereka menilai penggunaan kloroform dianggap hal klise dalam film. Sebagian besar sutradara kini cenderung menghindari penggambaran yang tidak akurat tentang cara kerja bahan kimia tersebut.

9. Manusia Menggunakan Sebagian Kecil Otaknya

10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film


Seperti yang terlihat dalam film seperti In Phenomenon, Lucy, dan Limitless, manusia diperkirakan hanya menggunakan sebagian kecil dari kekuatan otak yang tersedia – hanya sekitar 10%. Namun persentase ini dapat ditingkatkan secara signifikan melalui metode tertentu. Ketika bagian otak yang tampaknya tidak aktif diaktifkan, baik melalui obat-obatan, pelatihan, atau cara lain, manusia mampu membuka potensi yang sebenarnya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)