Sabtu, 02 September 2023 - 20:01 WIB
Pemandangan paling familiar dari medan asteroid padat di luar angkasa adalah ketika Millennium Falcon terbang melewati salah satu asteroid di The Empire Strikes Back, dengan Han Solo harus menghindari rintangan di segala arah.

Hal ini akan dianggap sebagai anomali oleh para ilmuwan di dunia nyata, karena sebenarnya terdapat jarak ratusan ribu kilometer antara asteroid dalam kelompok, bidang, dan sabuk di ruang angkasa yang dapat diamati.

Faktanya, meski terdapat jutaan batu berukuran lebih dari satu kilometer yang mengapung di sabuk asteroid tata surya, beberapa pesawat ruang angkasa seperti Pioneer 10 milik NASA berhasil melewati kawasan tersebut dengan selamat tanpa insiden.

6. Sinar Laser Terlihat

10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film

Sama seperti ledakan di luar angkasa, laser umumnya tidak terlihat dan senyap saat dilepaskan di dalam ruang hampa. Agar terlihat, laser harus berinteraksi dengan materi atau atmosfer di sekitarnya. Seperti halnya sebagian besar fakta sains palsu yang diabadikan dalam film, laser yang berwarna-warni dan terlihat sepanjang waktu adalah produk industri film yang memprioritaskan hiburan daripada keakuratan ilmiah.

7. Defibrillator Dapat Menghidupkan Kembali Jantung yang Berhenti

10 Salah Kaprah tentang Ilmu Pengetahuan, Antara Sains dan Adegan Film

Jangan sekali-kali menggunakan defibrilator untuk menyelamatkan seseorang yang berada dalam posisi datar atau tidak merasakan ritme elektrokardiogram.

Ketika jantung seseorang sudah berhenti berdetak, pemberian CPR merupakan respons darurat yang tepat. Kejutan listrik dari defibrilator hanya dapat benar-benar membantu seseorang jika korban mengalami aritmia atau detak jantung tidak teratur.