Mengejutkan, NASA Temukan Batu Aneh Mirip Hiu dan Kepiting di Mars

Kamis, 07 September 2023 - 09:57 WIB
Mengejutkan, NASA Temukan Batu Aneh Mirip Hiu dan Kepiting di Mars
Robot penjelajah Rover menemukan batuan berbentuk aneh di Mars. (Foto: NASA)
JAKARTA - Robot Rover NASA yang menjelajahi kawah Jazero di Mars menemukan benda aneh berupa batu mirip sirip hiu dan capit kepiting. Sontak, temuan batuan mirip hewan laut tersebut memicu spekulasi bahwa di Mars pernah terdapat air dan kehidupan.

Sejak tiba di Mars pada 18 Februari 2021, robot beroda Rover NASA menjelajahi Kawah Jezero sambil berburu tanda-tanda kehidupan. Tak disangka, pada 18 Agustus 2023, robot menemukan bebatuan aneh mirip hewan laut yang cukup mengejutkan. Planet Mars diyakini pernah dipenuhi dengan air miliaran tahun lalu.

Dikutip dari Space, Kamis (7/9/2023), para ahli berpendapat bahwa temuan ini hanya fenomena pareidolia . Yaitu kecenderungan otak untuk melihat gambar bermakna dari data visual acak.

Tercatat, temuan ini sebenarnya bukan pertama kali. Pada Juli 1976, pesawat ruang angkasa Viking 1 NASA menjelajahi Mars dari orbit dan menemukan gambar mengejutkan.

Pesawat ruang angkasa itu menangkap patung wajah besar yang digambar kasar, penuh dengan mata, hidung, dan mulut. Gambar tersebut kemudian diperlihatkan ke publik beberapa hari setelah diambil.

Meskipun NASA sudah menjelaskan bahwa penampakan wajah adalah ilusi yang disebabkan oleh bayangan, hal ini memicu spekulasi bahwa gambar tersebut adalah karya makhluk hidup.