Ambulans Masa Depan JA1 Pulse, Mirip Pesawat Ruang Angkasa

Rabu, 13 September 2023 - 18:38 WIB
loading...
Ambulans Masa Depan JA1 Pulse, Mirip Pesawat Ruang Angkasa
Ambulans JA1 Pulse membantu dalam keadaan darurat karena punya kecepatan hingga 288mph. (Foto: Daily Mail)
A A A
JAKARTA - Mobil ambulans masa depan diperkirakan bisa melampaui pesawat terbang. Kecepatan dan aksesibilitas mobil ambulans ini juga ditunjang dengan tampilan seperti pesawat ruang angkasa .

Ambulans masa depan ini dirancang oleh Jump Aero yang berbasis di California, Amerika Serikat. Ambulans bernama JA1 Pulse ini membantu dalam keadaan darurat karena punya kecepatan hingga 288mph (250 knot).

Melansir dari Daily Mail, Rabu (13/9/2023), meski saat ini hanya sebuah konsep, JA1 Pulse dirancang untuk membawa peralatan darurat dan satu profesional medis terlatih ke daerah terpencil dan sulit diakses.

Jump Aero menyerahkan proposal kontrak JA1 Pulse senilai 3,6 juta dollar AS atau senilai Rp55 miliar kepada Angkatan Udara AS. Perusahaan ini juga telah menerima pesanan komersial dari Layanan Ambulans Falck yang berbasis di Denmark dan berharap untuk menghasilkan prototipe konsep pertamanya.



"Falck sangat senang bermitra dengan Jump Aero untuk membantu kami merevolusi masa depan layanan darurat,” kata Jakob Riis, CEO Falck.

Rancangan Jump Aero, menurutnya, akan membantu Falck untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Dari sisi teknis, ambulans ini menggunakan sistem eVTOL (electric vertical takeoff and landing). Desain 'tail-sitter' membuat pengguna bisa duduk di area moncong dan baling-baling menghadap ke atas. Kendaraan kemudian lepas landas secara vertikal seperti helikopter, tetapi ujungnya menyamping sehingga bergerak secara horisontal setelah mencapai ketinggian jelajah.

Artinya pilot akan berada dalam posisi berdiri ketika JA1 Pulse berada di tanah dan menukik ke bawah setelah mengudara. Meskipun demikian, mereka bisa melihat ke depan dan ke bawah melalui jendela di bagian moncong dan bodi setiap saat, sementara parasut akan disertakan jika terjadi keadaan darurat.

Dalam mode jelajah, desain pesawat memungkinkan untuk melakukan perjalanan lebih cepat dan lebih efisien daripada helikopter. Lantaran desainnya akan dibangun dengan elemen struktural di antara delapan baling-balingnya yang akan berfungsi sebagai sayap biplan.

Jump Aero pun akan menjadikan JA1 Pulse ini sebagai moda transportasi pribadi berkelanjutan tercepat. Lantaran rekor tiba di lokasi manapun dalam jarak 31 mil (50 kilometer) dalam waktu kurang dari delapan menit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2866 seconds (0.1#10.140)