Catat! Wangi-wangian Ini Mampu Mengusir Ular dari Rumah

Rabu, 27 September 2023 - 15:55 WIB
loading...
Catat! Wangi-wangian Ini Mampu Mengusir Ular dari Rumah
Marigold atau bunga tahi ayam adalah tanaman yang aromanya dapat mengusir ular. (Foto: Bruno Glätsch/Pixabay)
A A A
JAKARTA - Kasus ular masuk ke rumah sudah banyak terjadi di permukiman warga di berbagai wilayah di Indonesia. Bukan hanya menimbulkan kekhawatiran, keberadaan ular di rumah juga dapat mengancam keselamatan jiwa.

Salah satu respons cepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan meminta bantuan petugas pemadam kebakaran. Namun, ada pula cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir ular dari rumah, yaitu dengan menggunakan wangi-wangian atau aroma dari beberapa benda dan tanaman berikut ini:

Kamper

Kamper atau kapur barus biasanya digunakan untuk mengurangi kelembapan di lemari atau sebagai pengharum kamar mandi. Namun, aroma kamper juga dapat mengusir ular serangga, kecoa, dan ular. Hal ini karena kamper mengandung naphthalene dan paradichlorobenzene yang baunya menyengat serta beracun, sehingga mampu membasmi atau mengusir beberapa jenis hewan.


Aroma Bunga Marigold

Marigold atau yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan bunga tahi ayam adalah salah satu tanaman yang aromanya dapat mengusir ular. Tanaman dengan bunga berwana kuning-oranye cerah ini mengeluarkan bau menyengat yang mampu mengusir berbagai hewan, seperti nyamuk, hewan pengerat, kelinci, bahkan ular. Selain di taman, bunga tahi ayam dapat diletakkan di pot di dekat pintu rumah untuk mencegah ular.

Kayu Manis

Kayu manis kerap digunakan dalam masakan atau kue untuk menghadirkan aroma yang lezat. Akan tetapi, wangi kayu manis tidak disukai sejumlah hewan, seperti ular, semut, dan serangga. Selain menaburkan bubuk kayu manis, menyemprotkan minyak esensial kayu manis bisa dilakukan untuk mengusir ular dari rumah.

Cuka

Cuka memiliki bau yang kuat dan tidak sedap karena kandungan zat asamnya. Itulah yang menjadikan cuka sebagai salah satu bahan yang aromanya dapat mengusir ular. Asam pada cuka akan membuat ular sangat terganggu. Cuka dapat dituangkan ke tanah atau tempat lainnya untuk mencegah ular datang.


Bawang Merah-Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih memiliki bau menyengat. Aroma dari kedua bawang tersebut merupakan pengusir ular yang cukup efektif karena menimbulkan sensasi disorientasi pada ular. Selain menanam tanaman bawang merah dan bawang putih di pot atau menebarkan potongan bawang, minyak atsiri bawang merah dan bawang putih bisa dimanfaatkan untuk mengusir ular .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2762 seconds (0.1#10.140)