Lapisan Es Siberia Mencair, Mikroba Purba yang Membeku 50.000 Tahun Bangkit Kembali

Selasa, 17 Oktober 2023 - 21:45 WIB
loading...
A A A
Claverie telah mengisolasi 13 virus baru sejak tahun 2019, dan dia memperingatkan bahwa patogen kuno yang tidak diketahui dapat memiliki efek bencana bagi umat manusia. “Jika Neanderthal mati karena penyakit virus yang tidak diketahui dan virus ini muncul kembali, maka ini bisa menjadi bahaya bagi kita,” kata Claverie.
Lapisan Es Siberia Mencair, Mikroba Purba yang Membeku 50.000 Tahun Bangkit Kembali


Organisasi Kesehatan Dunia tahun lalu meluncurkan proses ilmiah global untuk berkonsultasi mengenai 'Penyakit X', sebuah patogen tidak diketahui yang dapat menyebabkan epidemi internasional. Mantan kepala penasihat medis Presiden Anthony Fauci mengatakan, konsep Penyakit X akan memungkinkan para peneliti untuk fokus pada seluruh kelas virus daripada strain individu.



Claverie kini mengatakan dia tidak akan kembali ke wilayah tersebut, dengan mengatakan bahwa penelitian tersebut berisiko menimbulkan virus baru secara tidak sengaja. “Akan lebih baik jika dibuat cara khusus untuk memantau populasi Inuit, misalnya, untuk melihat jenis penyakit apa yang mereka derita,” tuturnya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)