Sungai Amazon Kering, Ratusan Lumba-Lumba Mati 

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 23:38 WIB
loading...
A A A


Namun, dari 104 lumba-lumba yang telah dibiopsi, 17 lumba-lumba di antaranya menunjukkan bahwa tidak ada bukti agen infeksi yang terkait dengan penyebab utama kematian. Alga egulena sanguinea, yang dapat menyebabkan ikan mati, ditemukan di air sejak 3 Oktober, namun tidak ada bukti racunnya berhubungan dengan kematian lumba-lumba atau menyebabkan kematian ikan di Danau Tefé.

"Mengenai semua variabel lingkungan dan biologis yang telah kami analisis, satu-satunya yang menunjukkan anomali adalah suhu air," kata tim peneliti.

Mariana Paschoalini Frias, analis konservasi di WWF-Brasil, menggambarkan kematian massal ini sebagai sebuah tragedi."Dampak kehilangan hewan-hewan ini sangat besar dan mempengaruhi seluruh ekosistem lokal," kata Frias.

Lumba-lumba dianggap sebagai 'penjaga' atau indikator dari kesehatan lingkungan tempat mereka tinggal. Apa yang terjadi pada mereka tercermin pada spesies lain yang hidup di sekitar mereka, termasuk manusia.

WWF-Brasil pun membangun barikade dari tiang kayu untuk mencoba mencegah kematian lumba-lumba lebih lanjut dan memindahkan hewan-hewan ke area yang lebih dalam dan lebih sejuk.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)