Pertama Kali Ditemukan Granat Kuno di Tembok Besar China, Punya Daya Rusak Mengerikan

Senin, 23 Oktober 2023 - 19:14 WIB
loading...
Pertama Kali Ditemukan Granat Kuno di Tembok Besar China, Punya Daya Rusak Mengerikan
Penemuan granat kuno di Tembok Besar China untuk pertama kali membuat para arkeolog terkejut. Foto/zme science
A A A
BEIJING - Penemuan granat kuno di Tembok Besar China untuk pertama kali membuat para arkeolog terkejut. Apalagi ada 59 granat terbuat dari batu yang ditemukan dalam gudang senjata kuno bersama peralatan perang lain.

Ini adalah pertama kalinya granat jenis ini ditemukan di sekitar Tembok Besar, namun ini bukan senjata pertama yang ditemukan di China. Faktanya, para arkeolog telah menemukan lebih dari 400 granat batu serupa, banyak di antaranya berasal dari Dinasti Ming (1368-1644).

Penggunaan bom atau granat di China memiliki sejarah yang sangat panjang. Berabad-abad sebelum Dinasti Ming, pada abad ke-10, orang-orang di China menggunakan granat jenis lain yang biasa disebut bom tabrakan petir.



Bom ini memiliki cangkang yang terbuat dari besi tuang dan diisi dengan bubuk mesiu. Granat batu yang ditemukan di Tembok Besar merupakan versi yang lebih ekonomis.

“Ini adalah pertama kalinya gudang senjata seperti itu ditemukan di sepanjang Tembok Besar. Tentu penemuan ini mengubah persepsi penelitian sebelumnya,” kata Shang Heng, peneliti dari Institut Arkeologi Kota, kepada Xinhua dikutip SINDOnews dari laman zme science, Senin (23/10/2023).
Pertama Kali Ditemukan Granat Kuno di Tembok Besar China, Punya Daya Rusak Mengerikan


Bagi mata yang tidak terlatih, benda-benda seperti batu ini mungkin tidak terlihat banyak. Namun granat batu ini merupakan senjata yang menghancurkan di medan perang.

“Batu-batu yang tampaknya biasa-biasa saja ini memiliki lubang bundar di tengahnya untuk diisi bubuk mesiu. Setelah diisi, bisa disegel dan dibuang, yang tidak hanya bisa mengenai musuh tetapi juga menimbulkan ledakan untuk mengalahkan musuh,” jelas Heng.



Granat tersebut akan mempunyai dampak yang kuat di medan perang. Biasanya granat diluncurkan dengan ketapel dalam serangan yang menghancurkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)