Dittany of Crete, Ramuan Penyembuh Ajaib dalam Kisah Harry Potter yang Melegenda

Rabu, 01 November 2023 - 15:44 WIB
loading...
Dittany of Crete, Ramuan Penyembuh Ajaib dalam Kisah Harry Potter yang Melegenda
Dittanny of Crete sarat dengan legenda kuno karena dedaunan kecil ini telah dikenal sejak zaman Minoa. (Foto: Wikimedia Commons)
A A A
JAKARTA - Ramuan Dittany of Crete menjadi populer karena disebutkan dalam kisah Harry Potter. Sejatinya, ramuan ini berasal dari nama tumbuhan daun zaman Yunani Kuno yang terkenal berkhasiat sebagai penyembuhan ajaib.

Dikutip dari Greekreporter, Rabu (1/11/2023), Dittanny of Crete sarat dengan legenda kuno karena ramuan dari dedaunan kecil ini telah dikenal sejak zaman Minoa. Daun bahan ramuan ini tumbuh paling baik di area bebatuan. Oleh karena itu, cara mengambilnya pun susah-susah gampang karena harus menyelinap di antara bebatuan.

Hanya mereka yang memiliki komitmen tinggi berani memetik dan menghadiakannya kepada sang kekasih sebagai tanda kasih sayang. Sepanjang sejarah, daun Dittany dipuja sebagai obat mujarab atau obat untuk semua penyakit. Banyak penulis besar zaman kuno mencatat khasiat obat yang luar biasa dari tanaman ini.



Bapak kedokteran Yunani kuno , Hippocrates bahkan menggunakannya untuk mengobati tuberkulosis dan penyakit perut. Aristoteles menggambarkan Dittany dalam buku The History of Animals. Dia menulis bahwa seekor kambing liar ketika terluka oleh anak panah pergi mencari Dittany yang konon memiliki khasiat melumerkan anak panah dalam tubuh.

Serangkaian khasiat penyembuhan membuat daun ramuan ini diceritakan kembali dalam fiksi dunia magis, Harry Potter. Sama seperti di kehidupan nyata, Dittany digambarkan sebagai tanaman langka dengan khasiat penyembuhan yang kuat.



Ramuan ini adalah salah satu bahan utama ramuan Wiggenweld, yang digambarkan oleh Profesor Serverus Snap sebagai ramuan penyembuhan ampuh yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka atau mengembalikan efek dari obat tidur.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)