Spesifikasi Drone Tempur Bayraktar TB3, Dilengkapi Sensor dan Komunikasi Canggih

Rabu, 01 November 2023 - 16:42 WIB
loading...
Spesifikasi Drone Tempur Bayraktar TB3, Dilengkapi Sensor dan Komunikasi Canggih
Drone tempur Bayraktar TB3 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan drone tempur lainnya. Foto/Military Factory
A A A
JAKARTA - Drone tempur Bayraktar TB3 sukses terbang perdana pada 27 Oktober 2023 di Pusat Pelatihan dan Tes Penerbangan Çorlu, Turki. Drone ini adalah varian angkatan laut dari Bayraktar TB2 yang telah terbukti dalam banyak operasi tempur.

Drone Bayraktar TB3 dirancang untuk beroperasi di TCG Anadolu dan akan menjadi kapal induk drone pertama di dunia. Hal itu karena drone jenis ini mempunyai spesifikasi yang mumpuni. Berikut ulasannya.

Spesifikasi Drone Tempur Bayraktar TB3


1. Desain dan Dimensi


Desain drone Bayraktar TB3 terbilang sangat cocok di medan tempur. Drone ini memiliki desain sayap yang dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanan dan peluncuran di kapal induk.



Dilansir dari laman Indomiliter, lebar sayap drone ini adalah 14 meter dan panjangnya adalah 8,35 meter. Berat lepas landas maksimum drone ini adalah 1.450 kg dan kapasitas muatan (payload) adalah 280 kg.

2. Mesin dan Performa


Drone Bayraktar TB3 menggunakan mesin tunggal PD170 yang dikembangkan oleh Turkish Aerospace Industries (TAI) dan TEI. Mesin ini memiliki kekuatan 172 tenaga kuda dan dapat menyediakan daya dorong hingga 750 newton.

Drone ini memiliki jangkauan 1.000 mil laut (1.609 km) dan endurance lebih dari 24 jam. Bayraktar TB3 juga memiliki kemampuan short-takeoff-and-landing (STOL) yang memungkinkannya lepas landas dan mendarat dalam waktu singkat.

3. Persenjataan


Drone Bayraktar TB3 memiliki enam cantelan di bawah sayapnya yang dapat membawa berbagai jenis amunisi. Beberapa contoh amunisi yang dapat dibawa oleh drone ini adalah roket berpemandu laser Cirit, bom anti-infanteri MAM-L, rudal anti-tank MAM-T, dan rudal udara ke udara Bozdogan.



Drone ini juga dapat membawa sistem perang elektronik (EW) atau sistem relai komunikasi untuk mendukung misi lainnya. Oleh karenanya, drone ini juga memiliki tergolong cocok jika terjun di medan tempur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2853 seconds (0.1#10.140)