Spesifikasi RPG Al Yasin Hamas, Momok Tank Canggih Israel

Sabtu, 18 November 2023 - 18:07 WIB
loading...
Spesifikasi RPG Al Yasin Hamas, Momok Tank Canggih Israel
RPG Al Yasin Hamas bermetamorfosa menjadi momok bagi tank-tank serta kendaraan tempur canggih Israel. (Foto: BNN Network)
A A A
JAKARTA - Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas, sukses menghancurkan lebih dari 200 kendaraan tempur Israel di Gaza. Keberhasilan ini tak lepas dari spesifikasi RPG Al Yasin Hamas yang mumpuni.

RPG Al Yasin Hamas bermetamorfosa menjadi momok bagi tank-tank serta kendaraan tempur canggih Israel lainnya. Bahkan, tank Merkava Israel yang dibekali teknologi mini Iron Dome berjalan tak kebal dengan senjata ini.

Dikutip dari Sputnik, juru bicara Hamas di Lebanon, Walid Kilani pada Kamis 16 November 2023 menyatakan pihaknya pantang mundur dalam menghadapi Israel di Gaza.

“Hari ini kita berbicara tentang lebih dari 200 peralatan militer, tank, dan buldoser yang hancur. Militer Israel juga mengakui kematian 48 tentaranya, tetapi jumlah korban tewas sebenarnya jauh lebih tinggi. Peluncuran roket yang menargetkan permukiman Israel masih terus dilakukan,” katanya.



RPG Al Yasin Hamas mengawali debutnya dalam operasi Badai Al-Aqsa pada 7 Oktober 2023. Dalam serangan sporadis tersebut Israel kalang kabut menghadapi para pejuang Hamas. Tank-tank Israel pun hancur lebur dihantam RPG Al Yasin, hingga belakangan mendapat mendapat julukan pemburu tank Merkava Israel.

Dalam operasi militer lanjutan Israel di Gaza hingga hari ini, RPG Al Yasin Hamas masih menjadi ancaman utama Israel.

Spesifikasi RPG Al Yasin Hamas


Al Jazeera secara khusus mengulas keunggulan dan spesifikasi RPG Al Yasin Hamas. Roket hasil modifikasi ini merupakan senjata berteknologi Rusia. Brigade al-Qassam memberi nama roket ini Al-Yassin 105 merujuk pada Sheikh Ahmed Yassin, pendiri Hamas pada 1987. Dia dibunuh pada Maret 2004.

Dijelaskan, proyektil RPG Al Yasin Hamas terdiri dari hulu ledak ganda yang mengandung dua bom yang meledak dalam dua tahap. Tahap pertama meledak dan menembus pelindung luar dan tahap kedua menembus baja tank dan meledak di dalamnya.

RPG Al Yasin Hamas ini memiliki jangkauan tembak dari jarak 100 meter hingga 500 meterdan kecepatan maksimum 300 meter per detik. RPG Al Yasin Hamas bisa diluncurkan oleh prajurit dari bahu, memiliki kaliber peluru 64/105 mm dan berat total 4,5 Kg. RPG Al Yasin Hamas juga bisa ditembakkan dari drone, sehingga sangat mobile.

RPG Al Yasin Hamas sejatinya merupakan pengembangan rudal Tandom 85 asal Rusia, yang pertama kali digunakan oleh Hamas dalam pertempuran al-Furqan pada Januari 2009.
Dengan rudal Tandom 85, personel Brigade al-Qassam pernah berhasil menghancurkan kendaraan tempur Israel di sebelah timur kota Jabalia di utara Jalur Gaza. Kemudian dalam pertempuran pada Juli 2014, Brigade al-Qassam juga berhasil meledakkan sembilan tank Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)