Jet Supersonik X-59 NASA Muncul dengan Penampilan Baru

Senin, 20 November 2023 - 17:22 WIB
loading...
Jet Supersonik X-59 NASA Muncul dengan Penampilan Baru
Jet supersonik eksperimental NASA muncul dengan penampilan baru dengan skema warna merah, putih, dan biru menjelang penerbangan pertamanya. Foto/Lockeed Martin
A A A
FLORIDA - Jet supersonik eksperimental NASA muncul dengan penampilan baru dengan skema warna merah, putih, dan biru menjelang penerbangan pertamanya. Penampilan anyar Jet X-59 Quiet SuperSonic Technology (Quesst) terlihat setelah dipindahkan dari gudang cat di fasilitas Lockheed Martin Skunk Works di Palmdale, California, pada 14 November 2023.

Skema warna jet X-59 diubah dari hijau menjadi badan putih dengan sonik aksen bagian bawah biru dan sayap merah. Bukan sekadar memiliki makna patriotic, cat tersebut akan membantu melindungi X-59 dari kelembapan dan korosi.

Desainnya juga dilengkapi tanda keselamatan utama yang akan membantu operasi darat dan penerbangan. Setelah pengecatan selesai, tim di belakang jet eksperimental akan melakukan pengukuran berat dan bentuk akhir yang tepat untuk meningkatkan pemodelan X-59.



“Ketika X-59 muncul dari gudang cat dengan cat dan corak baru, saya berharap momen ini akan membuat saya takjub karena melihat visi kami menjadi kenyataan,” kata Manajer proyek demonstran penerbangan Low Boom, Cathy Bahm, dikutip SINDOnews dari laman Space, Senin (20/11/2023).

Jet supersonik X-59 dirancang terbang lebih cepat dari suara dan menghasilkan lebih sedikit kebisingan saat menembus batas suara. Pesawat ini dirancang mereduksi ledakan sonik ketika mencapai Mach-1, dan hanya menciptakan "gedebuk" sonik  yang mirip dengan suara bantingan pintu mobil di kejauhan.
Jet Supersonik X-59 NASA Muncul dengan Penampilan Baru


Jet ini sedang dibangun oleh Lockheed Martin melalui fasilitas manufaktur pesawat canggih Skunk Works di Palmdale, California. Setelah selesai, X-59 akan terbang melintasi komunitas di AS yang belum dipilih.

Kemudian operator akan mengumpulkan data dari penduduk tentang kebisingan yang ditimbulkan oleh jet tersebut. Program X-59, jika berhasil, berpotensi mengubah aturan yang saat ini melarang penerbangan jet supersonik di darat.



“Kami sangat bersemangat untuk mencapai langkah misi ini. Tahun ke depan akan menjadi tahun yang besar bagi X-59, dan akan sangat menarik untuk menyamai misi spektakuler yang akan datang,” tambah Bahm.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)